30 Informasi Seputar Tarian Adat Sumatera Utara

Thursday, January 31st, 2019 - Tarian Adat

Tarian Adat Sumatera Utara – Tarian adat Sumatera Utara memang bagian budaya yang ada di budaya Sumatera Utara., yang tentunya memiliki banyak jenis atau namanya. Nah, Anda saat ini akan mendapatkan informasi seputar tarian adat Sumatera Utara sebagai penambah informasi tentang khazanah budaya nusantara khususnya yang ada di Sumatera Utara.

Tarian Adat Provinsi Sumatera Utara

Tarian Adat Provinsi Sumatera Utara

Tarian memang merupakan sebuah instrumen hiburan bagi setiap warga daerah yang harus selalu dilestarikan. Hal itu termasuk juga dengan tarian adat Sumatera Utara jangan sampai bisa hilang di telan oleh sang waktu. Salah satu upaya untuk bisa tetap mengeksiskan budaya tari daerah ini, maka hendaknya pemerintah yang terkait menjadikan tari adat sebagai salah satu destinasi wisata.

Berikut Ini Nama Nama Tarian Adat Sumatera Utara

  1. Tari Piso Surit

    1 Tari Piso Surit

    Tari Piso Surit

Tarian suku karo yang  menggambarkan tentang seorang gadis yang sedang menantikan kedatangan sang kekasihnya. Penantian itu sangat lama dan sangat menyedihkan yang digambarkan seperti burung Piso Surit yang memanggil-manggil. Piso bahasa Batak Karo artinya pisau dan banyak orang yang mengira bahwa Piso Surit ini nama dari sejenis pisau khas karo. Namun, sebenarnya Piso Surit merupakan bunyi dari sejenis burung yang gemar bernyanyi. Kicau burungnya jika didengar dengan secara seksama maka sepertinya sedang memanggil-manggil dan terdengar sangat menyedihkan.

  1. Tari Serampang Dua Belas

    2 Tari Serampang Dua Belas

    Tari Serampang Dua Belas

Tari ini dimainkan sebagai jenis tari pergaulan yang mengandung sebuah pesan tentang perjalanan dari kisah anak muda yang mencari jodoh, mulai dari perkenalan hingga memasuki tahap pernikahan. Ada sebuah nilai edukasi yang ada pada tarian Serampang Dua Belas, yaitu menjadi sebuah sarana bagi masyarakat Melayu Deli dalam mengajarkan tata cara pencarian jodoh terhadap generasi muda.

  1. Tari Persembahan

    3 Tari Persembahan

    Tari Persembahan

Tari persembahan atau Tari sirih ini sering dilaksanakan pada saat sedang menyambut atau menghormati para tamu penting, tarian ini akan dilakukan oleh sepasang muda- mudi, sambil menggunakan busana adat khas Melayu yang lengkap. Adapun tamu yang datang bisa berasal dari dalam negeri ataupun dari luar negeri, baik untuk bisnis atau hanya sekedar acara pesta raja.

  1. Tari Tor-Tor Tujuh Cawan

    4 Tari Tor Tor Tujuh Cawan

    Tari Tor Tor Tujuh Cawan

Tarian Tor-Tor Tujuh Cawan ini mengandung arti yang ada pada setiap cawannya. Cawan 1 bermakna kebijakan, cawan 2 bermakna kesucian, cawan 3 bermakna kekuatan, cawan 4 bermakna tatanan hidup, cawan 5 bermakna hukum, cawan 6 bermakna adat dan budaya, cawan 7 bermakna penyucian atau pengobatan. Kegunaan lainnya yaitu untuk bisa membuang semua penghalang bagi orang yang telah hadir disitu, tentunya bagi mereka yang percaya.

  1. Tor-Tor Tongkat Panaluan

    5 Tor Tor Tongkat Panaluan

    Tor Tor Tongkat Panaluan

Sebuah tongkat bersifat magis yang terbuat dari kayu yang diukir dengan menggunakan gambar kepala manusia dan binatang, adapun panjang tongkatnya diperkirakan 2 (dua ) m sedangkan tebalnya / besarnya sekitar 5-6 cm.. Dalam suku batak tongkat panaluan ini dipakai oleh para datu pada saat upacara ritus, dan tongkat ini akan dipakai para datu (dukun) dengan menggunakan tarian tortor yang diiringi dengan gondang (gendang) sabangunan.

  1. Tarian Tor-Tor Sigale-Gale

    6 Tarian Tor Tor Sigale Gale

    Tarian Tor Tor Sigale Gale

Sigale-gale merupakan nama dari sebuah patung yang dibuat dari kayu yang fungsinya sebagai pengganti dari anak raja Samosir yang sudah meninggal. Maka untuk menghibur raja dibuatlah patung kayu dan di beri nama Sigale-Gale yang di gerakkan oleh manusia.

  1. Tari Souan

    7 Tari Souan

    Tari Souan

Tari ini merupakan sebuah tari ritual, yang dahulunya tari ini dibawakan oleh seorang dukun sambil membawa sebuah cawan yang berisi sesajen sebagai media penyembuhan penyakit bagi setiap masyarakat sekitar.

  1. Tari Toping-Toping (Huda-Huda)

    8 Tari Toping Toping (huda Huda)

    Tari Toping Toping (huda Huda)

Tari adat ini dilaksanakan pada saat ada acara duka cita yang ada di kalangan keluarga Kerajaan. Toping-toping atau huda-huda terdiri dari 2 (dua) bagian. Bagian pertama huda-huda yang dibuat dari bahan kain yang  memiliki paruh burung enggang yang menyerupai kepala burung enggang yang konon orang tua atau burung engganglah yang akan membawa roh setiap orang yang sudah meninggal untuk bisa menghadap yang kuasa.

Bagian kedua yaitu manusia yang memakai topeng yang disebut dengan topeng dalahi dan topeng ini akan dipakai oleh laki-laki dan wajah topengnya menyerupai wajah laki-laki yang kemudian topeng daboru yang dipakai oleh perempuan karena topengnya menyerupai wajah perempuan.

  1. Tari Manduda

    9 Tari Manduda

    Tari Manduda

Tarian Manduda ini menggambarkan tentang kehidupan para petani yang sedang turun kesawah dan gembira, mulai dari menanam padi hingga suasana menuai padi. Gerak memotong padi, mengirik serta menampis padi akan tergambarkan melaui motif-motif gerakan tarinya yang terlihat lemah gemulai dan lincah.

  1. Tarian Balanse Madam

    10 Tarian Balanse Madam

    Tarian Balanse Madam

Tari Balanse Madam ini merupakan sebuah kesenian tari yang berupa sebuah peninggalan budaya lama yang sudah ditransmisikan dengan secara turun temurun dalam masyarakat suku Nias yang ada di Seberang Palinggam.

  1. Tari Baluse

    11 Tari Baluse

    Tari Baluse

Merupakan tari perang ala masyarakat Nias. Tarian adat ini berasal dari Nias Selatan, yang sekarang ini, jenis tari baluse ini akan digunakan untuk penyambutan tamu atau para wisatawan.

  1. Tari Maena

    12 Tari Maena

    Tari Maena

Tarian adat yang sangat simpel dan sederhana, namun mengandung makna kebersamaan, kegembiraan, dan kemeriahan, yang tidak kalah menariknya dengan jenis tarian-tarian adat yang ada di Nusantara. Tari maena ini tidak memerlukan sebuah keahlian khusus. Karena gerakan tarinya yang sederhana ini telah membuat hampir semua orang dapat melakukannya. Adaun kendala atau kesulitan satu-satunya terletak pada bagian rangkaian pantun-pantun maena, agar bisa sesuai dengan event dimana maena itu akan dilakukan.

Pantun ini dibawakan oleh satu orang atau dua orang yang disebut sebagai sanutuno maena, sedangkan untuk syair maena (fanehe maena) akan disuarakan oleh orang banyak yang ikut pada tarian maena yang disebut sebagai sanehe maena/ono maena. Syairnya bersifat tetap dan akan terus menerus diulang atau disuarakan oleh para peserta maena setelah selesai dilantunkannya setiap pantun maena, hingga berakhirnya tarian maena.

  1. Tari Moyo (Tari Elang)

    13 Tari Moyo (tari Elang)

    Tari Moyo (tari Elang)

Merupakan jenis tarian adat sumatera utara yang dapat digunakan untuk penyambutan para tamu agung yang akan dilakukan dengan secara adat. Tarian ini akan dibawakan oleh para gadis Nias yang melakukan gerakan layaknya seperti burung elang.

  1. Tari Endeng-Endeng

    14 Tari Endeng Endeng

    Tari Endeng Endeng

Jika dilihat lebih jauh, tari Endeng-Endeng menggambarkan semangat dan ekspresi gembira setiap masyarakat para setiap harinya, yang lazimnya akan dilakukan masyarakat yang sedang menggelar acara pesta khitanan atau malam pesta perkawinan oleh masyarakat.

  1. Guro-Guro Aron (Terang Bulan)

    15 Guro Guro Aron (terang Bulan)

    Guro Guro Aron (terang Bulan)

Guro-guro Aron merupakan arena muda-mudi Karo untuk bisa saling kenal dan sebagai sebuah lembaga untuk bisa mendidik anak muda-mudi untuk mengenal adat. Dahulu acara ini memang dibuat sebagai salah satu alat untuk bisa membudayakan setiap seni tari Karo agar bisa dikenal dan disenangi oleh kalangan muda-mudi dalam rangka pelestariannya.

  1. Tari Tak-Tak Garo-Garo

    16 Tari Tak Tak Garo Garo

    Tari Tak Tak Garo Garo

Tarian yang ini menggambarkan tentang kehidupan burung, yang terbang kesana kemari untuk mencari makan dan bersendau gurau bersama  dengan kawan-kawanya. Tari ini berasal dari Phakpak, Dairi, yaitu Sumatera Utara.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tarian daerah Sumatera Utara, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita seputar kebudayaan yang ada di nusantara.

Tarian Adat Sumatera Utara

Nama Tarian Adat Sumatera Utara

Nama Tarian Adat Sumatera Utara

Tari Adat Provinsi Sumatera Utara

Tari Adat Provinsi Sumatera Utara

Tarian Adat Adat Sumatera Utara

Tarian Adat Adat Sumatera Utara

Tarian Adat Dari Sumatera Utara

Tarian Adat Dari Sumatera Utara

Tarian Adat Sumatera Utara Piso Surit

Tarian Adat Sumatera Utara Piso Surit

Tarian Adat Sumatera Utara Tor Tor

Tarian Adat Sumatera Utara Tor Tor

Tarian Adat Tradisional Sumatera Utara

Tarian Adat Tradisional Sumatera Utara

Gambar Tari Adat Sumatera Utara

Gambar Tari Adat Sumatera Utara

Gambar Tarian Adat Dari Sumatera Utara

Gambar Tarian Adat Dari Sumatera Utara

Gambar Tarian Adat Sumatera Utara

Gambar Tarian Adat Sumatera Utara

Jenis Tari Tradisional Sumatera Utara

Jenis Tari Tradisional Sumatera Utara

Jenis Tarian Tradisional Sumatera Utara

Jenis Tarian Tradisional Sumatera Utara

Macam Macam Tarian Tradisional Sumatera Utara

Macam Macam Tarian Tradisional Sumatera Utara

Pictures gallery of 30 Informasi Seputar Tarian Adat Sumatera Utara

  • Macam Macam Tarian Tradisional Sumatera Utara
  • Jenis Tarian Tradisional Sumatera Utara
  • Jenis Tari Tradisional Sumatera Utara
  • Gambar Tarian Adat Sumatera Utara
  • Gambar Tarian Adat Dari Sumatera Utara
  • Gambar Tari Adat Sumatera Utara
  • 16 Tari Tak Tak Garo Garo
  • 15 Guro Guro Aron (terang Bulan)
  • 14 Tari Endeng Endeng
  • 13 Tari Moyo (tari Elang)
  • 12 Tari Maena
  • 11 Tari Baluse
  • 10 Tarian Balanse Madam
  • 9 Tari Manduda
  • 8 Tari Toping Toping (huda Huda)
  • 7 Tari Souan
  • 6 Tarian Tor Tor Sigale Gale
  • 5 Tor Tor Tongkat Panaluan
  • 4 Tari Tor Tor Tujuh Cawan
  • 3 Tari Persembahan
  • 2 Tari Serampang Dua Belas
  • 1 Tari Piso Surit
  • Tarian Adat Tradisional Sumatera Utara
  • Tarian Adat Sumatera Utara Tor Tor
  • Tarian Adat Sumatera Utara Piso Surit
  • Tarian Adat Provinsi Sumatera Utara
  • Tarian Adat Dari Sumatera Utara
  • Tarian Adat Adat Sumatera Utara
  • Tari Adat Provinsi Sumatera Utara
  • Nama Tarian Adat Sumatera Utara
30 Informasi Seputar Tarian Adat Sumatera Utara | budaya | 4.5