17 Gambar Tarian Adat Sumatera Barat Lengkap Beserta Penjelasannya

Friday, February 1st, 2019 - Tarian Adat

Tarian Adat Sumatera Barat – Sumatera Barat ibu kota Padang ini memiliki beberapa jenis tarian adat yang tntunya sangat menarik dan sangat populer salah satu jenis tariannya yaitu tari Indang dimana dengan berlatar belakang lagu “dindin badindin”. Nah, bagi anda yang kelahiran tahun 80-an pasti anda pernah mendengar lagu itu karena sangat sering ditayangkan di TV. Lalu, apasajakah jenis tarian adat sumatera barat itu?  Berikut ini beberapa penjalasanya untuk anda.

Jenis Jenis Tarian Adat Sumatera Barat Beserta Gambarnya

  1. Tari Piring

    1 Tari Piring

    Tari Piring

Jumlah penarinya ganjil antara 3 hingga 7 orang, penarinya bisa laki-laki atau perempuan, bahkan bisa juga berpasang-pasangan. Pada awalnya dibuat untuk ucapan terima kasih dari setiap masyarakat setempat karena semua hasil panennya yang melimpah dengan membawa sesajen. Namun, saat agama Islam sudah masuk, ritual itu akhirnya dijadikan tarian adat yang bersifat hiburan saja. Sesuai dengan namanya, para penari tari ini disetiap telapak tangannya di beri 1 piring.

  1. Tari Payung

    2 Tari Payung

    Tari Payung

Tarian adat sumatera barat ini biasanya berjumlah 4 hingga 8 orang penari yang berpasang-pasangan. Tarian adat ini melambangkan tentang  kasih sayang, yang terlihat dari media yang digunakannya. Menurut pendapatmasyarakat sekitar, payung merupakan wujud perlindungan dari hujan serta panasnya terik matahari. Sehingga makna tari adat ini yaitu sepasang kekasih yang sedang membina kehidupan rumah tangga, yang biasanya gerakan penari laki-lakinya seolah sedang melindungi kepala dari si penari wanita. Sedangkan untuk kain selendang yang digunakan oleh penari wanita mengartikan sebuah ikatan cinta suci yang sedang terjalin.

  1. Tari Indang

    3 Tari Indang

    Tari Indang

Biasanya tari adat ini ditarikan 7 orang dan dibawakan oleh kaum pria, namun seiring perkembangan zaman, wanita pun juga banyak yang menarikan tarian adat ini. Sejarahnya yaitu tarian adat ini dibuat untuk bisa menyebarkan dakwah agama Islam pada saat dibawa oleh Syekh Burhanudin. Namun saat ini, tarian adat ini diadakan jika ada seminar budaya dan bersifat hiburan.

  1. Tari Lilin

    4 Tari Lilin

    Tari Lilin

Asal muasal tari lilin ini diambil dari cerita rakyat pada saat seorang gadis yang ditinggal oleh tunangannya berdagang, selama ia tinggal ia kehilangan cincin pertunangannya dan kemudian ia berusaha untuk mencarinya ditengah malam sambil membawa lilin di atas piringan kecil yang ditaruh di tangannya, yang akhirnya gerakan si gadis dijadikan sebagai tarian dan lahirlah jenis tari lilin. Gerakannya seperti meliak liuk, membungkuk, dan memutar-mutar lilin.

  1. Tari Pasambahan Minang

    5 Tari Pasambahan Minang

    Tari Pasambahan Minang

Tarian adat ini bertujuan untuk menyambut tamu istimewa sebagai salah satu ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat terhadap tamu yang diundang. Biasanya sebagai sebuah penyambutan pengantin pria yang datang ke rumah wanita, dan akan dilanjutkan dengan sebuah suguhan daun sirih. Namun, saat ini sering digunakan sebagai hiburan. Gerakan pada tari yang digunakan ini mencakup gerakan silat, langkah berserak serta membungkuk.

  1. Tari Rantak

    6 Tari Rantak

    Tari Rantak

Tari rantak memiliki ciri ketegasan dalam setiap gerakannya, yang juga disertai dengan hentakan kaki yang akan menimbulkan bunyi, dan beberapa gerakan pencak silat. Tarian adat ini bisa dibawa oleh kaum wanita atau laki-laki.

  1. Tari Ambek-Ambek Koto Anau

    7 Tari Ambek Ambek Koto Anau

    Tari Ambek Ambek Koto Anau

Tarian adat ini bisa dibawakan oleh kaum wanita atau laki-laki. Sejarah singkat tari adat ini, diambil dari kegiatan anak-anak yang sedang bermain bersama dengan teman-temannya dan kemudian  dijadikan tarian. Gerakannya yaitu duduk, berkeliling, berjalan-jalan, berhadapan, dan ada sedikit gerakan pencak silat.

  1. Tari Randai

    8 Tari Randai

    Tari Randai

Jumlah penari utamanya yaitu satu orang dimana ia nanti akan memberikan aba-aba pada para teman se-penarinya untuk gerakan yang selanjutnya. Total penarinya memang tidak disyaratkan karena ini tergantung dari cerita rakyat yang nantinya akan dibawakan. Sejarah singkat tari adat ini, dulunya sebagai media penyampaian tentang sebuah cerita rakyat yang melalui syair yang dilantunkan dan berbagai gerakan tarian tersebut. Tidak aneh, jika ada sebagian penari yang menambahkan dialog pada tengah tariannya.

  1. Tari Alang Babega

    9 Tari Alang Babega

    Tari Alang Babega

Jumlah penarinya tidak disyaratkan namun biasanya jenis tarian ini ditarikan oleh 2 hingga 6 orang penari. Penarinyapun bisa laki-laki atau wanita ataupun disatukan wanita dan laki-laki. Sejarah singkat tari adat ini diambil dari seekor Elang yang sedang mencari mangsa dan kemudian dijadikan sebagai sebuah tarian.

  1. Tari Baralek Gadang

    10 Tari Baralek Gadang

    Tari Baralek Gadang

Menceritakan tantang kehidupan masyarakat Minang, dari kehidupan sehari – hari yaitu daria rumah turun kesawah untuk bertanam padi, memanen dan juga menumbuk padi hingga makan bajamba. Tarian Baralek Gadang ini pada umumnya akan dilakukan untuk menyambut atau merayakan sebuah momentum penting dalam setiap kehidupan Masyarakat Minang. Bisa seperti acara Pernikahan atau hajatan yang lainnya yang memang dianggap penting.

  1. Tari Galombang

    11 Tari Galombang

    Tari Galombang

Jenis tarian yang dimainkan untuk sebuah upacara dalam tradisi adat atau acara perkawinan . Tarian ini dimainkan oleh sepuluh orang atau lebih yang dibagi kedalam dua kelompok, yang mana masing-masing kelompoknya berperan sebagai sebuah rombongan pengawal.

  1. Tari Kain Paisia Selatan / Selendang Minang

    12 Tari Kain Paisia Selatan

    Tari Kain Paisia Selatan

Tarian adat ini dapat dilakukan dua orang, yaitu penari dan juga pemusik. Tarian adat sumatera barat ini diiringi dengan musik gendang. Alat yang digunakan yaitu kain khusus yang berbentu layaknya  seperti selendang. Penarinya menggunakan kain itu dan memainkannya selama ia menari.

  1. Tari Paten

    13 Tari Paten

    Tari Paten

Tarian ini dilakukan oleh masyarakat Minang untuk menyambut masa panen padi. Gerakan-gerakan yang ada dalam tarian ini yaitu gerakan yang dilakukan para petani saat mencangkul, membajak dan juga memanen padi.

  1. Tari Tudung Saji

    Tari Tudung Saji

    Tari Tudung Saji

Tarian adat ini menggunakan tudung saji sebagai alat utamanya. Musik pengiringnya yaitu musik melayu yang khas. Tari tudung saji pernah masuk ke ajang internasional yaitu pada acara Pasar Malam Asia Eindhoven pada tanggal 6 Juli 2008.

  1. Tari Sabalah

    15 Tari Sabalah

    Tari Sabalah

Tari Sabalah ini menggambarkan tentang kehidupan dan martabat perempuan di Minang Sumatera Barat dan sebagai rasa syukur saat hujan turun membasahi semua ladang mereka sebagai berkah untuk para manusia.

  1. Tari Sinar Riau

    16 Tari Sinar Riau

    Tari Sinar Riau

Tari Sinar Riau yaitu tarian adat Sumatera Barat. Cipt. Ajis St. Sati. Tari sinar riau ini tidak menggunakan sebuah alat khusus untuk tariannya, selain jenis pakaian adat. Gerakan pada umumnya yaitu gemulai dan diiringi pula dengan musik yang terdengar dinamis.

  1. Tari Tempurung

    17 Tari Tempurung

    Tari Tempurung

Tarian ini menggunakan tempurung sebagai properti tariannya. Tarian ini diperkenalkan oleh Ali Muhammad pada tahun 1952. Popularitas dari tari tempurung memang berkembang hingga ke Nagari Ayei Dingin Padang Sibusuk pada tahun 1970 sampai 1980. Perkembangannya menurun pada tahun 1990 hingga sekarang.

Itulah tadi beberapa jenis tarian adat sumatera barat yang dapat kami bagikan kepada anda. semoga bermanfaat. Sampa jumpa.

Pictures gallery of 17 Gambar Tarian Adat Sumatera Barat Lengkap Beserta Penjelasannya

  • Tari Tudung Saji
  • 17 Tari Tempurung
  • 16 Tari Sinar Riau
  • 15 Tari Sabalah
  • 13 Tari Paten
  • 12 Tari Kain Paisia Selatan
  • 11 Tari Galombang
  • 10 Tari Baralek Gadang
  • 9 Tari Alang Babega
  • 8 Tari Randai
  • 7 Tari Ambek Ambek Koto Anau
  • 6 Tari Rantak
  • 5 Tari Pasambahan Minang
  • 4 Tari Lilin
  • 3 Tari Indang
  • 2 Tari Payung
  • 1 Tari Piring
17 Gambar Tarian Adat Sumatera Barat Lengkap Beserta Penjelasannya | budaya | 4.5