20 Tarian Adat Sulawesi Selatan Yang Masih Terkenal

Wednesday, January 30th, 2019 - Tarian Adat

Tarian Adat Sulawesi Selatan – Tarian adat Sulawesi Selatan konon berjumlah mencapai 316 jenis tarian adat yang tarian itu terdiri dari 98 tarian yang merupakan milik kalangan orang Bugis, 66 tarian milik orang Makasar, 116 tarian milik orang Mandar, dan untuk 36 tarian milik orang Toraja. Namun pada kesempatan ini kita kali ini, kami akan mengenal 10 jenis tarian adat sulawesi selatan yang masihn saja ada dan dikenal oleh setiap kalangan masyarakat Sulawesi Selatan.

Tarian Adat Sulawesi Selatan Toraja

Tarian Adat Sulawesi Selatan Toraja

10 Jenis Tarian Adat Sulawesi Selatan Yang Masih Terkenal

  1. Tari Kipas Pakarena Dari Sulawesi Selatan

    1 Tari Kipas Pakarena Dari Sulawesi Selatan

    Tari Kipas Pakarena Dari Sulawesi Selatan

Tari Pakarena atau dikenal dengan Tari Kipas Pakarena merupakan salah satu jenis tarian adat Sulawesi Selatan. Tarian adat  ini dibawakan oleh penari wanita yang berbusana adat dan menari dengan menggunakan gerakannya yang khas lengkap pula dengan memainkan kipas sebagai salah satu  atribut menarinya. Tari Kipas Pakarena sering ditampilkan di berbagai macam acara yang bersifat adat atau hiburan, bahkan jenis Tari Kipas Pakarena ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisata yang berkunjung di Sulawesi Selatan, khususnya  untuk daerah Gowa.

  1. Tari Pattennung Dari Sulawesi Selatan

    2 Tari Pattennung Dari Sulawesi Selatan

    Tari Pattennung Dari Sulawesi Selatan

Tari Patenung ini menggambarkan setiap wanita yang berasal dari Sulawesi selatan yang sedang menenun. Tarian Pattenung menggambarkan pula tentang kesabaran dan ketekunan bahkan bagaimana gigihnya para perempuan Toraja Sulawesi Selatan saat menenun benang menjadi selembar kain. Pakaian penarinya berupa baju bodo panjang, lipaq sabbe (sarung), curak lakba, dan hiasan bangkara, rante ma’bule, pontoyang. Sedangkan untuk properti yang digunakan berupa sarung lempar.

  1. Tari Pa’Gell Dari Sulawesi Selatan

    3 Tari Pagell Dari Sulawesi Selatan

    Tari Pagell Dari Sulawesi Selatan

Tarian adat ini biasanya akan dipentaskan pada upacara adat khusus yang disebut dengan Ma’Bua’, yang berkaitan dengan sebuah upacara pentasbihan Rumah adat Toraja atau Tongkonan, atau keluarga dari penghuninya yang telah melaksanakan upacara Rambu Solo’ yang memang sangat besar (Rapasaan Sapu Randanan). Seiring dengan perkembangannya, pada saat ini tarian Ma’gellu’ dipertunjukkan pula disebuah upacara kegembiraan contohnya seperti pesta perkawinan, syukuran panen, dan sebuah acara penerimaan tamu yang terhormat.  Tarian Ma’gellu ini ditarikan oleh remaja putri yang berjumlah ganjil diiringi dengan irama gendang yang ditabuh oleh kalangan remaja putra berjumlah empat orang.

  1. Tari Ma’randing Dari Sulawesi Selatan

    4 Tari Maranding Dari Sulawesi Selatan

    Tari Maranding Dari Sulawesi Selatan

Kata ma’randing ini berasal dari kata randing yang artinya “mulia ketika melewatkan”. Tari ini menunjukkan tentang kemampuan dalam setiap memakai senjata tradisional dari Sulawesi Selatan dan menunjukkan tentang keteguhan hati dan kekuatan seseorang yang sudah meninggal selama hidupnya. Tarian Ma’randing ini akan dibawakan oleh beberapa orang yang pada setiap orangnya dibekali dengan perisai besar, pedang dan beberapa ornamen. Setiap objeknya akan menyimbolkan beberapa makna. Perisai dari kulit kerbau (bulalang) menyimbolkan tentang kekayaan, karena hanya kalangan orang kaya saja yang memiliki kerbau. Pedang (doke, la’bo’ bulange, la’bo’ pinai, la’bo’ todolo) menunjukkan tentang kesiapan perang, yang menyimbolkan tentang keberanian.

  1. Tari Manimbong Dari Sulawesi Selatan

    5 Tari Manimbong Dari Sulawesi Selatan

    Tari Manimbong Dari Sulawesi Selatan

Tarian ini ditampilkan dengan secara khusus pada sebuah upacara adat Rambu Tuka’ oleh para penari pria. Seperti halnya dengan jenis tarian Rambu Tuka’ yang lainnya, Manimbong diselenggarakan untuk bisa mengungkapkan sebuah rasa syukur kepada Tuhan YME. Para penari akan menggunakan pakaian adat khusus berupa Baju Pokko’ dan Seppa Tallu Buku yang berselempang dengan kain antik, yang dilengkapi pula dengan parang kuno (la’bo’ penai) dan benda sejenis temeng bundar kecil dengan motif ukiran Toraja.

  1. Tari Ma’badong Dari Sulawesi Selatan

    6 Tari Mabadong Dari Sulawesi Selatan

    Tari Mabadong Dari Sulawesi Selatan

Tarian ma’ badong akan diadakan pada upacara kematian (Rambu Solo’) yang dilakukan dengan secara berkelompok, para pesertanya (pa’badong) membentuk sebuah lingkaran dan kemudian saling berpegangan dengan cara mengaitkan jari kelingking mereka. Para pa’ badong ini terdiri dari kaum pria dan wanita setengah baya atau kalangan orang tua dengan pemimpin badong yang disebut Indo’ Badong (perempuan) atau Ambe’ Badong (Laki-laki). Para pemimpin badong ini nantinya akan melantunkan sebuah syair (Kadong Badong) atau sebuah riwayat hidup dari orang yang telah meninggal dari mulai lahir sampai wafat dengan memberikan berbagai kalimat syair dan modus nada untuk bisa dinyanyikan oleh semua kelompok penari dengan berbalas-balasan.

     7.Tari Pa’Pangngan Dari Sulawesi Selatan

7 Tari Papangngan Dari Sulawesi Selatan

Tari Papangngan Dari Sulawesi Selatan

Tarian Pa’pangngan dilakukan oleh para gadis cantik dengan memakai baju hitam atau gelap dan dengan menggunakan ornamen khas tanah Toraja contohnya seperti kandaure. Pangngan Ma merupakan menari pada saat menerima tamu-tamu yang terhormat yang menyambut dengan berbagai kata Tanda mo Pangngan mali’ki, yaitu  : Pisorong sorong mati ‘, Solonna pengkaboro’ki ‘, Rande pela’i toda, Mala’bi tanda Kiala  dan Ki po Rannu matoto ‘..

  1. Tari Gandrang Bulo Dari Sulawesi Selatan

    8 Tari Gandrang Bulo Dari Sulawesi Selatan

    Tari Gandrang Bulo Dari Sulawesi Selatan

Tari adat ini biasanya akan dilaksanakan pada saat pesta rakyat. Kata Gandrang bulo ini berasal dari dua kata, yaitu kata “gandrang” artinya tabuhan atau pukulan dan kata “bulo” artinya bambu. Tarian ini menjadi simbol keceriaan lantaran didalamnya diselipkan beberapa humor yang akan membuat para penontonnya bisa tertawa, oleh karena itulah para penari yang membawakan tarian ini harus tampak terlihat bahagia.

  1. Tari Bosara Dari Sulawesi Selatan

    9 Tari Bosara Dari Sulawesi Selatan

    Tari Bosara Dari Sulawesi Selatan

Tari Bosara akan ditampilkan dalam rangka menyambut seyiap tamu kehormatan. Pada zaman dahulu, jenis Tari Bosara ini akan ditampilkan pada acara penting untuk menjamu para raja dengan berbagai suguhan kue tradisional sebanyak 2 kasera. Selain digunakan untuk menyambut para tamu raja, tarian Bosara ini ditampilkan pula pada berbagai pesta seperti acara pesta perkawinan.

  1. Tari Pajoge Dari Sulawesi Selatan

    10 Tari Pajoge Dari Sulawesi Selatan

    Tari Pajoge Dari Sulawesi Selatan

Tari Pajoge ini biasanya akan ditampilkan dalam istana atau kediaman dari kalangan ningrat oleh para gadis yang berasal dari kalangan rakyat biasa. Pada mulanya jenis tarian adat sulawesi selatan ini hanya sebagai hiburan bagi kalangan kaum lelaki. Para penonton, yang biasanya dari kalangan ningrat, mereka duduk dalam sebuah lingkaran. Para penarinya akan menari melingkar. Setiap penari akan menari dengan seorang diri sambil menyanyi dan sambil mencari pasangannya di antara para penonton. Kemudian dia akan memberikan daun sirih kepada lelaki yang telah dipilihnya. Lelaki tersebut nantinya akan menari dengan sang gadis tersebut.

Demikian 10 jenis Tarian adat Sulawesi Selatan yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan kita dalam mengenal kekayaan budaya Nusantara. Sampai jumpa kembali pada artikel kita yang selanjutnya.

Tarian Adat Sulawesi Selatan

Deskripsi Tarian Adat Sulawesi Selatan

Deskripsi Tarian Adat Sulawesi Selatan

Foto Tarian Adat Sulawesi Selatan

Foto Tarian Adat Sulawesi Selatan

Jenis Tarian Adat Sulawesi Selatan

Jenis Tarian Adat Sulawesi Selatan

Tarian Adat Sulawesi Selatan Beserta Gambarnya

Tarian Adat Sulawesi Selatan Beserta Gambarnya

Tarian Adat Sulawesi Selatan Dan Keterangannya

Tarian Adat Sulawesi Selatan Dan Keterangannya

Tarian Adat Sulawesi Selatan Dan Penjelasannya

Tarian Adat Sulawesi Selatan Dan Penjelasannya

Tarian Adat Sulawesi Selatan Kipas

Tarian Adat Sulawesi Selatan Kipas

Jenis Tarian Tradisional Sulawesi Selatan

Jenis Tarian Tradisional Sulawesi Selatan

Sejarah Tarian Adat Sulawesi Selatan

Sejarah Tarian Adat Sulawesi Selatan

Pictures gallery of 20 Tarian Adat Sulawesi Selatan Yang Masih Terkenal

  • 6 Tari Mabadong Dari Sulawesi Selatan
  • 4 Tari Maranding Dari Sulawesi Selatan
  • 3 Tari Pagell Dari Sulawesi Selatan
  • 7 Tari Papangngan Dari Sulawesi Selatan
  • 2 Tari Pattennung Dari Sulawesi Selatan
  • Sejarah Tarian Adat Sulawesi Selatan
  • Jenis Tarian Tradisional Sulawesi Selatan
  • Tarian Adat Sulawesi Selatan Toraja
  • Tarian Adat Sulawesi Selatan Kipas
  • Tarian Adat Sulawesi Selatan Dan Penjelasannya
  • Tarian Adat Sulawesi Selatan Dan Keterangannya
  • Tarian Adat Sulawesi Selatan Beserta Gambarnya
  • Jenis Tarian Adat Sulawesi Selatan
  • Foto Tarian Adat Sulawesi Selatan
  • Deskripsi Tarian Adat Sulawesi Selatan
  • 9 Tari Bosara Dari Sulawesi Selatan
  • 10 Tari Pajoge Dari Sulawesi Selatan
  • 8 Tari Gandrang Bulo Dari Sulawesi Selatan
  • 5 Tari Manimbong Dari Sulawesi Selatan
  • 1 Tari Kipas Pakarena Dari Sulawesi Selatan
20 Tarian Adat Sulawesi Selatan Yang Masih Terkenal | budaya | 4.5