21 Jenis Tarian Adat Jawa Barat Dan Penjelasannya

Wednesday, December 26th, 2018 - Tarian Adat

Tarian Adat Jawa Barat – Hallo sobat semuanya, setelah jumpa lalu kita membahas seputar baju adat, jumpa kita kali ini akan mengenal tarian tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat yang memang sudah kewajiban kita untuk mengenalnya. Hal ini tentunya tercerminan dari sebuah rasa nasionalisme kita dalam setiap berbangsa dan juga bernegara.

Contoh Tarian Adat Jawa Barat

Contoh Tarian Adat Jawa Barat

Gempuran dari setiap budaya asing hendaknya jangan sampai bisa menggeser selera kita dalam setiap berbudaya. Meski pun pada saat ini memang sudah ada begitu banyak sekali gaya hidup asing yang telah masuk, budaya dari nusantara yang berbentuk tarian ini memang harus tetap ada bahkan  jangan sampai pernah punah hingga kapan pun jua.

Foto Tarian Adat Jawa Barat

Foto Tarian Adat Jawa Barat

Banyak sekali nilai yang telah terkandung dalam setiap tarian adat Jawa Barat, seperti nilai sosial budaya dan nilai filosofis. Tidak jarang dari sebuah seni tari ini mencerminkan tentang potret kehidupan yang telah terjadi didalam masyarakat setempat.

Tarian Adat Jawa Barat Jaipong

Tarian Adat Jawa Barat Jaipong

Macam Macam Tarian Adat Jawa Barat

Macam Macam Tarian Adat Jawa Barat

Contohnya saja seperti tari adat yang berasal dari daerah Sumatera Selatan yang mencerminkan tentang seorang wanita yang sedang menenun sebuah kain songket. Maka hal ini juga terjadi pada sebuah budaya tarian adat Jawa barat. Mari kita bahas, satu persati jenis tarian tersebut.

Beberapa Tarian Adat Jawa Barat

  1. Tari Jaipong

    Tari Jaipong

    Tari Jaipong

Tarian ini disebut juga tari Jaipongan yang merupakan sebuah genre seni tari yang terlahir dari sebuah kreativitas seseorang seniman yang berasal dari Bandung, yaitu Gugum Gumbira. Perhatiannya pada setiap kesenian rakyat ini menjadikannya bisa mengetahui dan juga mengenal betul tentang perbendaharan dari setiap pola gerak tari tradisi yang ada pada Kliningan atau Bajidoran / Ketuk Tilu.

  1. Tari Topeng

    Tari Topeng

    Tari Topeng

Menurut T. Tjetje Somantri di tahun 1951 daerah Jawa Barat seperti Sumedang, Bandung, Garut dan juga Tasikmalaya pada tahun 1930 telah didatangi oleh seorang rombongan yang bertopeng berupa wayang wong yang lengkap dengan dalangnya yang bernama Koncer dan juga Wentar.

  1. Tari Wayang

    Tari Wayang

    Tari Wayang

Berdasarkan dari segi penyajiannya jenis tari wayang ini dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu: tari Tunggal, Tari Berpasangan dan juga Tari Massal. Tari wayang ini memiliki tingkatan / jenis karakter yang tampak berbeda contohnya karakter dari tari pria dan juga wanita. Karakter tari wanita ini terdiri dari Putri Lungguh sebagai tokoh Subadra, Arimbi dan ladak untuk seorang tokoh Srikandi.

  1. Tari Kursus

    Tari Kursus

    Tari Kursus

Tari Kursus ini adalah perkembangan dari sebuah tari Tayub yang telah tumbuh dan juga berkembang pada saat masa keemasan dari kaum bangsawan pada tempo dulu.

  1. Tari Merak

    Tari Merak

    Tari Merak

Tari Merak merupakan jenis tarian adat yang berasal dari Pasundan Jawa Barat. Jenis tari ini menggambarkan tentang ekspresi kehidupan dari burung merak. Tata cara dan juga gerak tarinya diambil dari sebuah kehidupan merak yang diangkat ke sebuah pentas oleh seorang Seniman Sunda yang bernama Raden Tjetje Somantri.

  1. Tari Topeng Dinaan

    Tari Topeng Dinaan

    Tari Topeng Dinaan

Tari Topeng Dinaan telah banyak menyebar di Kabupaten Majalengka, Cirebon, dan Indramayu, Jawa Barat. Pertunjukan tarian ini hingga sehari suntuk (sedina/sadinten). Dipertunjukkan setelah adanya pementasan Wayang Kulit pada sebuah upacara Babarit.

  1. Tari Serimpi

    Tari Serimpi

    Tari Serimpi

Tari Serimpi ini selalu dibawakan oleh 4 orang penari, karena kata Srimpi ini sinonim dari bilangan 4. Hanya saja pada tari Srimpi Renggowati penarinya terdiri dari 5 orang. Menurut seseorang yang bernama Dr. Priyono, nama serimpi ini dikaitkan dengan akar kata “impi” atau pun “mimpi”. Menyaksikan sebuah tarian yang lemah gemulai di sepanjang 3/4 hingga selama 1 jam itu akan membawa orang ke alam lain, atau alam mimpi.

  1. Tari Gambyong

    Tari Gambyong

    Tari Gambyong

Tarian Klasik ini adalah jenis tarian yang menggambarkan sifat-sifat wanita yang telah diungkapkan dalam sebuah gerak halus, lembut, lincah dan juga terampil. Meskipun demikian sebagai seorang wanita itu tetap harus bisa menonjolkan sebuah keluwesannya. Nama dari tari Gambyong ini disesuaikan dengan sebuah nama gending yang selalu mengiringinya. Seperti : Gambyong Pareanom, Gambyong Gambirsawit, dan Gambyong Pangkur.

  1. Tari Bedhaya Ketawang

    Tari Bedhaya Ketawang

    Tari Bedhaya Ketawang

Tarian ini dimainkan oleh 9 orang penari. Masing-Masing dari penari itu mempunyai tugas dan juga nama khusus. Nama mereka yaitu Endhel Ajeg, Batak (penari pertama), Endhel Weton, Apit Mburi, Apit Meneg, Apit Ngarep, Gulu, Dhada, dan Boncit. Tarian ini diiringi oleh Gamelan.

  1. Tari Barong Blora

    Tari Barong Blora

    Tari Barong Blora

Tarian ini ditarikan oleh para remaja putra danputri yang diiringi dengan rebana, bedug, kendang dan juga nyanyian syair sholawatan. Adapun untuk kostumnya seperti model Islam Jawa yang tampak indah jika dipandang oleh mata.

  1. Tari Bambangan Cakil

    Tari Bambangan Cakil

    Tari Bambangan Cakil

Tari adat ini menceritakan tentang perang antara kesatria melawan seorang raksasa. Kesatria ini merupakan tokoh yang bersifat halus dan juga lemah lembut, sedangkan untuk Raksasa nya menggambarkan seorang tokoh yang bersifat kasar dan juga bringas. Adapun makna yang terkandung dalam sebuah tarian ini bahwa segala bentuk dari kejahatan, keangkara murkaan itu pasti akan kalah dengan sebuah kebaikan.

  1. Tari Loro Blonyo

    Tari Loro Blonyo

    Tari Loro Blonyo

Tarian ini gambaran dari Dewi Sri dan juga saudaranya yang bernama Dewa Sadana. Dewi Sri merupakan seorang Dewi pelindung padi dan juga sang pemberi berkah yang merupakan lambang dari kemakmuran. Dewa Sadana ini merupakan Dewa sandang pangan.

  1. Tari Beksan Wireng

    Tari Beksan Wireng

    Tari Beksan Wireng

Tarian ini berasal dari kata Wira / perwira dan ‘Aeng’ yang berarti prajurit yang unggul, yang ‘aeng’, yang ‘linuwih’. Tarian adat ini diciptakan sejak zaman pemerintahan Prabu Amiluhur yang bertujuan agar setiap putra beliau bisa tangkas dalam olah keprajuritan dengan menggunakan sebuah alat senjata perang. Sehingga tarian adat ini menggambarkan tentang ketangkasan dalam setiap latihan perang dengan menggunakan berbagai alat perang .

  1. Tari Bondan

    Tari Bondan

    Tari Bondan

Tari an adat Bondan ini menceritakan tentang seorang anak wanita yang menggendong boneka mainannya dan juga payung yang terbuka, menari dengan sangat hati-hati di atas sebuah kendi yang diinjak dan jangan sampai pecah pecah. Tarian ini melambangkan bahwa seorang ibu yang akan menjaga anak-anaknya dengan sanagt hati-hati, yang dibagi menajdi 3, yaitu: Bondan Cindogo, Bondan Mardisiwi, dan Bondan Pegunungan/ Tani dengan memiliki makna yang berbeda-beda.

  1. Tari Dolalak

    Tari Dolalak

    Tari Dolalak

Tarian ini dilakukan oleh beberapa orang penari yang berpakaian menyerupai seperti pakaian seorang prajurit Belanda atau pun Perancis sejak tempo dulu dan kemudian diiringi dengan menggunakan alat-alat yang berbunyi-bunyian yang terdiri dari kendang, kentrung, rebana, kencer, dan yang lain – lainnya.

  1. Tari Golek

    Tari Golek

    Tari Golek

Tari adat jenis ini menggambarkan tentang berbaga caraa berhias diri untuk seorang gadis yang baru saja menginjak masa akhil baliq, yang tujuannya agar mereka bisa lebih terlihat cantik dan juga menarik.

Sudahkan anda mengenal dari semua tarian yang ada diatas, yang telah kami jelaskan diatas? Jika belum, silahkan anda pelajari dengan sebaik mungkin, agar bisa menunjukkan rasa cinta kita semua tentang budaya yang ada di negar akita ini. Terimakasih…

Pictures gallery of 21 Jenis Tarian Adat Jawa Barat Dan Penjelasannya

  • Macam Macam Tarian Adat Jawa Barat
  • Foto Tarian Adat Jawa Barat
  • Contoh Tarian Adat Jawa Barat
  • Tarian Adat Jawa Barat Jaipong
  • Tarian Adat Jawa Barat Dan Penjelasannya
  • Tari Wayang
  • Tari Topeng
  • Tari Topeng Dinaan
  • Tari Serimpi
  • Tari Merak
  • Tari Loro Blonyo
  • Tari Kursus
  • Tari Jaipong
  • Tari Golek
  • Tari Gambyong
  • Tari Dolalak
  • Tari Bondan
  • Tari Beksan Wireng
  • Tari Bedhaya Ketawang
  • Tari Barong Blora
  • Tari Bambangan Cakil
21 Jenis Tarian Adat Jawa Barat Dan Penjelasannya | budaya | 4.5