33 Jenis Tarian Adat Indonesia Beserta Asal Daerahnya

Friday, January 4th, 2019 - Tarian Adat

Tarian Adat Indonesia – Jenis tarian yang ada di Indonesia merupakan sebuah mahakarya dari peninggalan para nenek moyang pada zaman dahulu, hal ini sebagai sebuah hiasan / gambaran bahwa “Inilah kami, Seperti inilah kita hidup, dan beginilah karakteristik yang kita miliki!” bahkan sampai saat ini jenis tarian adat indoneis masih terus dilestarikan, yang mana hal itu merupakan salah satu bentuk dari kecintaan kita terhadap negara Indonesia tercinta. Jenis tari dapat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu tarian modern dan tarian tradisional, namun, pada jumpa kita kali ini, kita akan memberikan bahasan seputar jenis tarian adat indonesia atau tarian tradisional indonesia. Lalu apasajakah jenis tarian adat indonesia itu? Berikut ini ulasannya :

Beberapa Jenis tarian Adat Indoseia Di Setiap Provinsi

  1. Tarian Adat Nangroe Aceh Darussalam – Tari Saman

    1. Tarian Adat Nangroe Aceh Darussalam – Tari Saman

    Tarian Adat Nangroe Aceh Darussalam 

Tari Saman merupakan jenis tarian yang dipentaskan untuk publi padak saat hari-hari besar contohnta saja  seperti pada saat acara maulid Nabi Muhammad Saw. Jika zaman dahulu Tari saman, digunakan sebagai sarana untuk berdakwah oleh para ulama-ulama Aceh.

     2. Tarian Adat Sumatera Utara – Tari Baluse

 2. Tarian Adat Sumatera Utara

Tarian Adat Sumatera Utara

Apabila kalian pernah memegang uang pada tahun 90-an yang senilai 1000 rupiah dengan gambar loncat batu, maka itu adalah lambang provinsi Sumatera Utara. Tari Baluse ini menjadi bagian dari rangkaian ritual dari suku Mentawai yang biasanya tarian ini akan diakhiri dengan loncat batu yang setinggi 4 meter.

  1. Tarian Adat Sumatera Selatan – Tari Tanggai

    3. Tarian Adat Sumatera Selatan

    Tarian Adat Sumatera Selatan

Tari Tanggai merupakan jenis tari yang sering sekali dipentaskan pada saat hari-hari besar contohnya seperti tahun baru atau untuk menyambut tamu dan bis jugaa digunakan pada setiap acara pengantin. Adapun tari ini yaitu bantuk keramah tamahan yang dimiliki masyarakat sumatera Selatan pada saat menyambut setiap tamu mereka.

  1. Tarian Adat Sumatera Barat – Tari Piring

    4. Tarian Adat Sumatera Barat

    Tarian Adat Sumatera Barat

Asal muasal jenis Tari piring yaitu berasal dari Kota Minangkabau, yang masih digunakan pada saat masa panen tiba, tarian jenis ini merupakan bentuk rasa puji syukur masyarakat kepada Dewi padi yang sangat mereka percayai  telah memberikan banyak hasil panen kepada masyarakat Minang.

  1. Tarian Adat Riau – Tari Makan Sirih

    5. Tarian Adat Riau

    Tarian Adat Riau

Tarian ini tidak sesuai dengan namanya, yaitu menari sambil memakan sirih ya,, Tari Makan sirih ini dipentaskan pada saat menyambut tamu besar contohnya  Gubernur atau Presiden.

  1. Tarian Adat Kepulauan Riau – Tari Zapin

    6. Tarian Adat Kepulauan Riau

     Tarian Adat Kepulauan Riau

Tari zapin yaitu tari pentas yang sengaja untuk di pertunjukan kepada publik agar dapat menghibur semua orang. Tari zapin ini didalamnya tertanam ajaran Islam dan pada zaman dahulu akan digunakan sebagai sarana untuk  berdakwah Islam. Tari ini juga memberi pelajaran masyarakatnya untuk  bisa selalu memiliki rasa bersosialisasi yang baik di tengah-tengah masyarakat.

  1. Tarian Adat Bangka Belitung – Tari Campak

    7. Tarian Adat Bangka Belitung

     Tarian Adat Bangka Belitung

Tari Campak ini pada umumnya akan digunakan sebagai sebuah pengisi hiburan yang akan dipentaskan pada setiap acara tertentu. Tarian ini dijadikan juga sebagai acara syukur panen padi layaknya seperti tari piring yang ada didaerah provinsi Sumatera Barat.

  1. Tarian Adat Bengkulu –Tari Andun

    8. Tarian Adat Bengkulu

    Tarian Adat Bengkulu

Maksud dari tarian ini yaitu adalah sebagai sebuah sarana menghibur bagi semua orang, namun tarian Adun tidak hanya digunakan untuk hal itu saja. Karena akan digunakan juga sebagai prosesi menanaman padi, karena pada saat itu semua orang akan meminta dan berdo’a agar nanti panen yang akan datang bisa panen yang melimpah.

  1. Tarian Adat Lampung – Tari Melinting

    9. Tarian Adat Lampung

    Tarian Adat Lampung

Tari Melinting ini namanya diambil dari pencipta nama seorang ratu, adapun asal mulanya dari tercipta tarian ini yaitu pada zaman kerajaan yang telah berdiri di Provinsi Lampung terdapat sebuah kerajaan yang berada dibawah kekuasaan seorang ratu Melinting. Setelah selang berapa tahun, akhirnya terjadilah tarian yang akan selalu dipentaskan oleh kalangan keluarga kerajaan seperti putra dan putri dari ratu kerajaan, sehingga disebut tari Melinting.

  1. Tarian Adat DKI Jakarta – Tari Topeng

    10. Tarian Adat Dki Jakarta

    Tarian Adat Dki Jakarta

Pada zaman dahulu, jenis Tari topeng merupakan jenis tarian adat yang digunakan sebagai alat untuk menolak balak. Namun, saat ini sudah tidak lagi demikian, mungkin karena saat ini zaman sudah lebih modern yang sudah mulai beralih ke pergaulan yang modern pula.

  1. Tarian Adat Banten – Tari Rampak Bedug

    11. Tarian Adat Banten

    Tarian Adat Banten

Tarian ini menggambarkan bahwa masyarakat Banten ini dituntut untu bisa menggunakan waktu mereka dengan sebijak mungkin, yang juga mengandung makna agar kita bisa tetap tepat dalam melaksanakan Ibadah jika waktunya telah tiba.

  1. Tarian Adat Yogyakarta – Tari Serimpi

    12. Tarian Adat Yogyakarta

    Tarian Adat Yogyakarta

Tari Serimpi ini digunakan oleh masyarakat zaman dahulu untuk sebuah pertunjukan kerajaan di dalam setiap eraton. Namun, pada saat ini tari Serimpi bisa dinikmati oleh para wisatawan yang sedang berkunjung menikmati setiap peninggalan kerajaan yang ada di daerah Jogja.

  1. Tarian Adat Jawa Barat – Tari Jaipong

    13. Tarian Adat Jawa Barat

    Tarian Adat Jawa Barat

Tarian adat ini menjadi hiburan bagi kalangan masyarakat Jawa Barat. Namun untuk sebagian orang ada yang mengutarakan bahwa tarian adat ini merupakan jenis tarian yang digunakan untuk menyambut setiap tamu besar, baik itu tamu lokal mau mancanegara.

  1. Tarian Adat Jawa Tengah – Tari Bedhaya

    14. Tarian Adat Jawa Tengah

     Tarian Adat Jawa Tengah

Tarian Bedhaya ini digunakan untuk menghibur raja Keraton Surakarta. Namun, saat ini tarian ini bisa ditonton oleh para publik, dan biasanya jenis tarian ini akan dipentaskan untuk merayakan kelahiran para putra pejabat.

  1. Tarian Adat Jawa Timur – Tari Remo

    15. Tarian Adat Jawa Timur

    Tarian Adat Jawa Timur

Jenis tari adat ini banyak digunakan untuk acara menyambut para pejabat negara, tamu negara, seseorang yang berperan penting untuk Negara, yang bisa juga menjadi pementasan di berbagai acara festival yang ada pada setiap tahun.

  1. Tarian Adat Bali – Tari Pendet

    16. Tarian Adat Bali

     Tarian Adat Bali

Tarian adat pendet ini sering digunakan masyarakat bali pada saat upacara keagamaan Hindu hingga saat ini, yang bisa juga menjadi hiburan yang dipentaskan untuk bisa menghibur publik dan digunakan pula sebagai tarian untuk menyambut orang penting contohnya seperti presiden, dan para pejabat negara.

  1. Tarian Adat NTB –Tari Sere

    17. Tarian Adat Ntb

    Tarian Adat Ntb

Pada zaman itu tari adat ini hanyalah digunakan pada saat upacara adat yang ada di Sumbawa. Namun sekarang bisa kita temui di berbagai acara publik seperti festival, atau untuk menyambut tamu penting atau tamu negara

  1. Tarian Adat NTT – Tari Gareng Lameng

    18. Tarian Adat Ntt

     Tarian Adat Ntt

Tari Gareng Lameng merupakan jenis tari yang di lakukan minimal 2 orang penari pria dengan memegang tongkat yang digunakan sebagai senjata (pedang / cambuk) dan di tangan yang lain, memegang tameng. Tarian ini  sebagai hiburan yang bisa dipertunjukan kepada publik, dan akan dipentaskan saat acara khitanan.

  1. Tarian Adat Kalimantan Barat – Tari Monong/Manang

    19. Tarian Adat Kalimantan Barat

    Tarian Adat Kalimantan Barat

Tarian adat khas Kalbar yaitu Tarian Monong/Manang yang mana jenis tari ini digunakan sebagai ritual daerah, yang dipercayai bisa menangkal atau menyembuhkan setiap penyakit yang ada didalam setiap tubuh si penderita. Tarian  ini mengharuskan si penari bertingkah layaknya seperti seorang dukun dan komat-kamit membacakan jampi-jampi untuk orang lain.

  1. Tarian Adat Kalimantan Tengah – Tari Tambun

    20. Tarian Adat Kalimantan Tengah

     Tarian Adat Kalimantan Tengah

Fungsi Tarian Tambun juga  menjadi jenis tarian ritual adat tahunan, yaitu pada saatsuku asli Kalteng telah kedatangan masa kemarau, maka mereka akan menggunakan tarian ini sebagai sebuah naluri untuk memanggil hujan, yang dipercayai juga bisa mengusir hama tani yang ada disetiap kebun milik mereka.

  1. Tarian Adat Kalimantan Selatan – Tari Baksa Kembang

    21. Tarian Adat Kalimantan Selatan

    Tarian Adat Kalimantan Selatan

Pada umumnya jenis tari adat ini akan dipertunjukan sebagai alat untuk menyambut setiap tamu kehormatan atau para kerabat kerjaan yang baru saja datang.

  1. Tarian Adat Kalimantan Timur – Tari Gong

    22. Tarian Adat Kalimantan Timur

    Tarian Adat Kalimantan Timur

Jenis tari adat ini akan dipentaskan dengan diiringi musik Gong, yang pada umumnya akan ditampilkan pada saat ada acara-acara tertentu contohnya  seperti penyambutan acara khas, atau adanya lomba tari.

  1. Tarian Adat Kalimantan Utara – Tari Radap Rahayu

    23. Tarian Adat Kalimantan Utara

    Tarian Adat Kalimantan Utara

Tarian adat ini disebut juga dengan tari ritual adat, karena jenis tari ini dijuluki Radap Rahayu yang akan ditampilkan pada saat sedang terjadi acara resmi seperti acara upacara pernikahan, dan saat acara kematian.

  1. Tarian Adat Sulawesi Utara –Tari Maengket

    24. Tarian Adat Sulawesi Utara

    Tarian Adat Sulawesi Utara

Tarian adat ini juga tujuan untuk berdo’a agar pada masa panen tiba, nantinya masyarakat Sulawesi Utara bisa memperoleh hasil panen yang melimpah ruah. Tari Maengket ini disebut juga sebagai tari ritual yang akan dipakai dan sering dipentaskan pada saat acara keagamaan.

  1. Tarian Adat Sulawesi Barat – Tari Patuddu

    25. Tarian Adat Sulawesi Barat

    Tarian Adat Sulawesi Barat

Pada zaman dahulu, jenis tarian Pattudu ini hanya akan digunakan sebagai media untuk menghibur para kerluarga keistanaan contohnya seperti Sang Raja, dan juga para menteri lainnya, yang akan dipentaskan hanya di lantai utama istana dan akan ditonton oleh para publik (semua orang).

  1. Tarian Adat Sulawesi Tengah – Tari Demo

    26. Tarian Adat Sulawesi Tengah

    Tarian Adat Sulawesi Tengah

Tarian adat ini juga dipentaskan pada saat menjelang masa panen tiba, yang mana acara ritual adat ini pada umumnya akan kita temui pada saat acara di Poso.

  1. Tarian Adat Sulawesi Tenggara – Tari Lulo Alu

    27. Tarian Adat Sulawesi Tenggara

    Tarian Adat Sulawesi Tenggara

Termasuk jenis tari untuk upacara adat karena tarian ini jika dilihat dari fungsinya yang dilakukan oleh para suku Buton dalam setiap melaksanakan upacara terima kasih kepada sang tuhan pencipta atas semua hasil panen yang telah mereka terima pada semasa masa panen tiba.

  1. Tarian Adat Sulawesi Selatan – Tari Pakarena

    28. Tarian Adat Sulawesi Selatan

    Tarian Adat Sulawesi Selatan

Tari adat ini biasanya akan digunakan sebagai sebuah tari Ritual adat, dari mulai acara resmi dan akan dipentaskan pula sebagai acara ucapan terima kasih kepada sang pemimpin mereka atau kepala desa mereka karena sudah pernah memimpin mereka selama periodenya.

  1. Tarian Adat Gorontalo – Tari Dana Dana

    29. Tarian Adat Gorontalo

    Tarian Adat Gorontalo

Fungsi dari tarian adat ini biasanya akan digunakan untuk sebuah seni pentas pada acara-acara hiburan publik contohnya seperti acara pernikahan, hajatan, atau saat festival yang diadakan pada setiap tahunnya.

  1. Tarian Adat Maluku – Tari Lenso

    30. Tarian Adat Maluku

     Tarian Adat Maluku

Tari adat ini akan dipentaskan untuk acara-acara besar contohnya seperti tari yang di adakan pada saat pesta hiburan pernikahan, acara penyambutan tamu, dan pada saat melakukan ritual syukuran atas semua panen yang telah diberikan tuhan kepada setiap masyarakat Maluku.

  1. Tarian Adat Maluku Utara – Tari Perang

    31. Tarian Adat Maluku Utara

    Tarian Adat Maluku Utara

Tarian ini ingin menjelaskan tentang seperti apa para pejuang nenek moyang mereka dalam berjuang mempertahankan tanah air. Dalam tarian ini juga akan selalu dipentaskan pada saat ada acara resmi dalam setiap mengingat para pejuang untuk tanah Maluku.

  1. Tarian Adat Papua Barat – Tari Perang Papua

    32. Tarian Adat Papua Barat

    Tarian Adat Papua Barat

Pada zaman dahulu jeis Tari Perang Papua akan dipentaskan dengan maksud ingin mengobarkan setiap semangat para pejuang perang. Namun seiring bergantinya tahun, mereka akan menggunakan jenis tarian adat ini untuk setiap upacara adat Papua.

  1. Tarian Adat Papua – Tari Selamat Datang

    33. Tarian Adat Papua

     Tarian Adat Papua

Pulau papua merupakan pulau yang banyak diminati oleh para wisatawan baik itu masyarakat lokal atau luar negeri. Hal itu karena disebabkan faktor tanah yang ada Papua terlihat masih alami dan asri sehingga ada banyak orang luar yang berminat untuk berkunjung dan ingin menjelajahi semua kendah pulau ini. Kemudian masyarakat Papua juga sangat ramah-tamah dalam setiap menyambut para tamu yakni dengan di iringi sambutan tari Adat yang mereka miliki yaitu jenis tari adat Selamat Datang, sehingga banyak yang betah dan malah ingin menetap disana.

Indonesia ini memang negara yang kaya akan budaya, karena hampir di setiap provinsi bahkan daerah memiliki budaya yang mencirikan daerah tersebut. Semoga kita bisa selalu menjadi masyarakat yang cinta dengan tanah air dengan selalu melestarikan budaya yang ada.

Pictures gallery of 33 Jenis Tarian Adat Indonesia Beserta Asal Daerahnya

  • 33. Tarian Adat Papua
  • 32. Tarian Adat Papua Barat
  • 31. Tarian Adat Maluku Utara
  • 30. Tarian Adat Maluku
  • 29. Tarian Adat Gorontalo
  • 28. Tarian Adat Sulawesi Selatan
  • 27. Tarian Adat Sulawesi Tenggara
  • 26. Tarian Adat Sulawesi Tengah
  • 25. Tarian Adat Sulawesi Barat
  • 24. Tarian Adat Sulawesi Utara
  • 23. Tarian Adat Kalimantan Utara
  • 22. Tarian Adat Kalimantan Timur
  • 21. Tarian Adat Kalimantan Selatan
  • 20. Tarian Adat Kalimantan Tengah
  • 19. Tarian Adat Kalimantan Barat
  • 18. Tarian Adat Ntt
  • 17. Tarian Adat Ntb
  • 16. Tarian Adat Bali
  • 15. Tarian Adat Jawa Timur
  • 14. Tarian Adat Jawa Tengah
  • 13. Tarian Adat Jawa Barat
  • 12. Tarian Adat Yogyakarta
  • 11. Tarian Adat Banten
  • 10. Tarian Adat Dki Jakarta
  • 9. Tarian Adat Lampung
  • 8. Tarian Adat Bengkulu
  • 7. Tarian Adat Bangka Belitung
  • 6. Tarian Adat Kepulauan Riau
  • 5. Tarian Adat Riau
  • 4. Tarian Adat Sumatera Barat
  • 3. Tarian Adat Sumatera Selatan
  • 1. Tarian Adat Nangroe Aceh Darussalam – Tari Saman
  •  2. Tarian Adat Sumatera Utara
33 Jenis Tarian Adat Indonesia Beserta Asal Daerahnya | budaya | 4.5