25 + Makanan Tradisional Sumatera Barat Yang Memanjakan Lidah

Wednesday, January 9th, 2019 - Kuliner

Makanan Tradisional Sumatera Barat – Sudah kita ketahui bersama bahwa masakan Padang memiliki banyak rumah makan sendiri yang ada di berbagai daerah yang ada di Indonesia, bahkan hingga luar negeri. Padang adalah salah satu wilayah yang ada di Sumatera Barat yang terkenal dengan makanan yang berbahan dasar daging dan juga santan. Soal rasa, masyarakat Minangkabau ini memang lebih menyukai rasa pedas, sehingga kebanyakan dari menu masakannya bercita rasa pedas.

Macam Macam Makanan Tradisional

Macam Macam Makanan Tradisional

getahui makanan apa saja yang endemik dari Sumatera, maka kami sajikan beberapa daftar menu makanannya. Apa sajakah menu makanan tradisional sumatera barat itu? Berikut ini daftar menunya untuk anda.

Daftar Menu Makanan Tradisional Sumatera Barat

  1. Kacimuih

    1 Kacimuih

     Kacimuih

Menu makanan ini dibuat dari bahan dasar singkong, namun setelah menjadi kacimuih rasanya berbeda. Pembuatan macimuih dilakukan dengan bahan singkong, gula (putih atau merah), dan parutan kelapa. Bentuknya sederhana, adapun cara pembuatannya yaitu singkong yang telah bersih diparut agak kasar dan langsung dikukus dengan tambahan garam dan vanilli / daun pandang untuk memberi rasa pada singkong. Kira-kira, selama 20 menit, hasil kukusan diangkat dan disajikan bersama dengan parutan kelapa dan gula putih.

  1. Gajeboh Atau Sandung Lamur

    2 Gajeboh Atau Sandung Lamur

     Gajeboh Atau Sandung Lamur

Bahan utama pembuatan menu makanan ini yaitu daging sapi bagian punuk. Menu makanan ini memiliki 3 varian  rasa yaitu gurih biasa saja, gurih normal dan sangat gurih. Menu ini memiliki kuah seperti gulai pada umumnya.

  1. Asem Pandeh Daging

    3 Asem Pandeh Daging

    Asem Pandeh Daging

Menu makanan ini memiliki rasa asam pedas, karena dibuat dengan menggunakan cabai yang dominan, dan asam kandis. Apabila dibuat dengan daging sapi, maka penampilannya sangat mirip rendang, karena warna dagingnya cokelat, dengan sedikit berkuah.

  1. Lompong Sagu

    4 Lompong Sagu

     Lompong Sagu

Bahan yang digunakan yaitu tepung sagu, parutan kelapa, gula merah, santan, dan pisang kepok atau pisang raja. Makanan tradisional dari Sumatera Barat ini berasal dari daerah Minang yang didominan dengan rasa manis dan ada aroma khas pemanggangan. Bentuk makanannya sangat unik, setelah dipanggang, disajikan di atas piring dengan bentuk kotak hasil potongan, dan diberi taburan parutan kelapa.

  1. Sate Padang

    5 Sate Padang

     Sate Padang

Sate padang ini tidak hanya menggunakan daging sapi saja, namun juga menggunakan bagian sapi yang lainnya seperti  lidah sapi dan jeroan yang berupa jantung, usus, dan paru. Sedangkan bumbunya mengunakan bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, jahe, cabai merah, dan bumbu lainnya. semua bumbu dimasak bersama kaldu sapi, kemudian ditambah dengan tepung beras agar bisa lebih kental.

  1. Sate Lokan

    6 Sate Lokan

     Sate Lokan

Sate lokan adalah jenis sate yang menggunakan bahan dasar yang berupa kerang hijau. Walaupun awalnya hasil laut ini memiliki warna hijau, namun setelah dimasak warnanya berubah menjadi orange kemerahan. Seperti halnya dengan menu sate kebanyakan, sate kerang ini disajikan dengan cara ditusuk yang ditambahkan kuah kental.

  1. Rendang Sapi

    7 Rendang Sapi

     Rendang Sapi

Rendang sapi merupakan menu makanan yang terlezat di dunia menurut CNN. Makanan ini dibuat dengan menggunakan daging sapi ini menggunakan bumbu rempah yang melimpah untuk bisa menciptakan satu porsinya. Aneka bumbu halusnya seperti cabai, bawang putih, lengkuas, bawang merah, kunyit, dan serai ada di sana yang ditambah pula dengan santan.

  1. Rendang Paru

    8 Rendang Paru

     Rendang Paru

Jenis olahan rendang ini dibuat dengan menggunakan paru-paru sapi yang lebih lunak dan basah dibanding dengan daging sapi. Bumbu yang digunakan juga berbeda dengan bumbu rendang sapi, bumbu yang banyak digunakan yaitu bawang putih, jahe, lengkuas, cabai merah, dan dedaunan yang telah dirajang.

  1. Galamai

    9 Galamai

     Galamai

Bahan makanan ini yaitu tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang juga sering digunakan untuk membuat dodol, namun menu maknan ini terdapat taburan kacang tanah yang menghiasi galamai, sehingga terdapat cita rasa yang berbeda.

  1. Bareh Randang

    10 Bareh Randang

     Bareh Randang

Bareh artinya beras atau tepung beras yang menjadi bahan pembuatannya. Jika kita lihat dari artinya, bareh rendang ini adalah makanan yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan cara disangrai yang dicampur dengan cairan gula dan juga santan.

  1. Sala Lauak

    11 Sala Lauak

     Sala Lauak

Makanan asli Sumatera Barat ini dibuat dengan menggunakan ikan yang cara masaknya dengan cara digoreng. Namun penggorengan itu terjadi jika adonan dari daging ikan yang telah halus dicampur bersama dengan tepung sebagai luarannya sudah dibuat. Dalam proses pembuatan adonan itu nantinya akan dibuat bulat / pipih, atau sesuai selera baru bisa digoreng.

  1. Nasi Sala

    12 Nasi Sala

     Nasi Sala

Nasi sala notabenenya dibuat dengan bahan ikan. Namun jangan salah sangka dulu tentang nasi sala ini, bukan bahan nasinya yang dibuat dengan menggunakan ikan, namun lauknya yang dibuat dengan ikan. Selain nasi, dalam satu porsi nasi sala akan ditemani dengan samba lado dan ikan goreng tadi.

  1. Lamang Tapai

    13 Lamang Tapai

     Lamang Tapai

Panganan ini disajikan dari lamang yang dimasak dengan menggunakan bambu kemudian ditambah tapai hasil fermentasi. Adapun yang unik dari makanan ini yaitu tapainya yang menggunakan ketan hitam. Sedangkan untuk membuat lamangnya adalah hanya dengan memasak beras ketan di dalam sebuah bambu kemudian setelah masak ditaruh ke piring dengan lumuran tapai beras ketan hitam tadi.

  1. Lamang Katan

    14 Lamang Katan

     Lamang Katan

Olahan ini dibuat dari bahan beras ketan yang dibakar didalam bambu atau dikenal dengan lamang. Namun lamang katan ini tidaklah hanya sesederhana itu, karena biasanya olahan ini akan diberi aneka isian dan bumbu untuk bisa menghasilkan cita rasa yang berbeda, walaupun cara memasaknya sama. Kebanyakan olahan ini akan memiliki 3 rasa, yaitu manis, asin, dan asam.

  1. Karupuak Sanjai

    15 Karupuak Sanjai

     Karupuak Sanjai

Olahan ini merupakan jenis keripik yang dibuat dari bahan singkong., yang memiliki 3 varian rasa, yaitu tawar, asin, dan pedas. Kripik tawar disebut original, kripik asin didapat dari tambahan bumbu berupa kunyit, garam, dan bawang putih yang dihaluskan dan rasa pedas karena diberi bumbu balado yang berwarna merah.

  1. Bubur Kampiun

    16 Bubur Kampiun

     Bubur Kampiun

Olahan ini berasal dari campuran hasil kukusan beras ketan putih, bubur sumsum atau bubur putih, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, bubur candil, dan kolak pisang atauubi. Bahkan di beberapa daerah ada yang kerap menambahkan lupis ketan putih atau bubur delima.

  1. Martabak Kubang

    17 Martabak Kubang

     Martabak Kubang

Martabak kubang dibuat dengan isian menggunakan daging sapi cacah bahkan rendang, kemudian ditambah daun bawang. Bentuknya lebih besar daripada martabak yang ada pada umumnya, sehingga akan sangat tepat jika dinikmati ramai-ramai.

  1. Soto Padang

    18 Soto Padang

     Soto Padang

Walaupun bahan soto padang lebih simple, yaitu hanya berupa daging sapi, bihun, perkedel kentang, dan kuah berkaldu sapi. Namun apabila kita lihat lebih dekat, maka daging sapinya ternyata sudah digoreng kering dengan potong kecil-kecil, atau disebut dendeng.

  1. Nasi Kapau

    19 Nasi Kapau

     Nasi Kapau

Nasi kapau merupakan olahan yang terbuat dari nasi dan sambal, yang ditambah dengan gulai sayur nangka dan ditambahkan pula dengan puluhan lauk lain. Gulai nangkanya berair, tidak seperti gudeg, karena dimasak menggunakan tapi tidak terlalu kental.

  1. Gulai Itiak Lado Mudo

    20 Gulai Itiak Lado Mudo

     Gulai Itiak Lado Mudo

Gulai itiak lado mudo merupakan jenis gulai yang dibuat dari daging bebek muda dan cacahan cabai hijau. Namun, banyak restoran yang memodifikasi olahan ini agar rasanya lebih pedas dan diolah tanpa menggunakan santan. Pemberian rasa pedasnya didapat dari cabai karing yang diberi takaran agak banyak agar pedasnya bisa lebih terasa.

  1. Ale-ale

    21 Ale Ale

     Ale Ale

Bentuk ale ale ini hampir sama dengan serabi yang ada didaerah Jawa, namun ale ale memiliki rasa yang berbeda. Rasanya enak membuat kalangan anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukainya, bahkan perantauan dari Sawahlunto juga kerap memesannya pada saat ada acara di kota perantauan mereka. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat ale ale yaitu beras putu, gula jawa, air kelapa, dan juga parutan pandan.

  1. Ayam Pop

    22 Ayam Pop

     Ayam Pop

Ayam pop dibuat dengan menggunakan ayam kampung, lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam, dan jeruk nipis, yang mana ayam pop akan disajikan per bagiannya saja, contohnya paha lalu dan atasnya ditaburi sambal. Adapun untuk mempercantik tampilannya, bisa ditambahkan daun singkong dan kacang panjang rebus.

  1. Dendeng Balado

    23 Dendeng Balado

     Dendeng Balado

Dendeng dibuat dari daging sapi yang dikeringkan, sehingga makanan ini bertahan lama. Dendeng ini dibuat dari irisan daging sapi kecil-kecil dikeringkan, namun karena ini adalah dendeng balado maka diberi bumbu balado.

  1. Gulai Banak

    24 Gulai Banak

     Gulai Banak

Gulai banak memakai otak sapi sebagai bahan utamanya. Gulai ini memiliki kuah segar agak pedas dan bewarna kecokelatan. Gulai ini memiliki kandungan vitamin B5 dan B12 namun memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi pula.

  1. Gulai Paku

    25 Gulai Paku

     Gulai Paku

Bahan utama pembuatannya yaitu dari tanaman paku atau pakis. Adapun untuk memasaknya tidak jauh berbeda dengan gulai lain, yaitu setelah sayuran pakis diiris kecil-kecil, kemudian di masak dengan santan yang bercampur dengan bumbu halus bahan cabai rawit, lengkuas, asam kandis, kunyit, serai, dan juga daun jeruk

  1. Kalio

    26 Kalio

     Kalio

Kalio adalah rendang setengah jadi. Sehingga memiliki warna cokelat yang berpadu dengan kuahnya yang jauh lebih banyak dari pada rendang. Perbedaan yang lainnya yaitu tekstur kalio basah dan empuk, sedangkan rendang alot dan kering.

  1. Pinyaram

    27 Pinyaram

     Pinyaram

Pinyaram mirip dengan kue cucur ala Betawi. Bahan pembuatan pinyaram yaitu tepung beras, sehingga menghasilkan makanan yang empuk. Pinyaram berbentuk seperti ufo, dengan rasa liat dibagian pinggirnya, sedangkan pada saat menggigitnya semakin ke tengah maka akan semakin empuk.

Itulah, beberapa makanan tradisional sumatera barat yang patut untuk kita cicipi satu persatu, yang pastinya akan menggoyang lidah anda. Selamat mencicipi.

Pictures gallery of 25 + Makanan Tradisional Sumatera Barat Yang Memanjakan Lidah

  • Macam Macam Makanan Tradisional
  • 27 Pinyaram
  • 26 Kalio
  • 25 Gulai Paku
  • 24 Gulai Banak
  • 23 Dendeng Balado
  • 22 Ayam Pop
  • 21 Ale Ale
  • 20 Gulai Itiak Lado Mudo
  • 19 Nasi Kapau
  • 18 Soto Padang
  • 17 Martabak Kubang
  • 16 Bubur Kampiun
  • 15 Karupuak Sanjai
  • 14 Lamang Katan
  • 13 Lamang Tapai
  • 12 Nasi Sala
  • 11 Sala Lauak
  • 10 Bareh Randang
  • 9 Galamai
  • 8 Rendang Paru
  • 7 Rendang Sapi
  • 6 Sate Lokan
  • 5 Sate Padang
  • 4 Lompong Sagu
  • 3 Asem Pandeh Daging
  • 2 Gajeboh Atau Sandung Lamur
  • 1 Kacimuih
25 + Makanan Tradisional Sumatera Barat Yang Memanjakan Lidah | budaya | 4.5