27 Kelezatan Menu Makanan Tradisional Betawi Yang Patut Anda Coba

Saturday, December 15th, 2018 - Kuliner

Makanan Tradisional Betawi – Negara Indonesia memang memiliki banyak sekali warisan budaya yang sangat unik dan yang menjadi salah satunya yaitu budaya yang ada Betawi. Budaya indonesia yang satu ini, selain memang sudah begitu terkenal di negara Indonesia, dengan adanya beberapa seni beladiri yang ada, ternyata untuk kuliner betawi tentunya juga akan menjadi sebuah daya tarik yang tersendiri bagi setiap masyarakat indonesia. Selain itu, di betawi ini juga tersedia banyak sekali berbagai macam jenis kuliner yang terasa sangat lezat dan memang jarang diketahui oleh kalangan wisatawan.

Ok, bagi anda yang ingin tahu apa saja itu kulinernya, berikut ini ada beberapa makanan tradisional betawi yang terasa sangat enak tapi sangat jarang di ketahui oleh para wisatawan dan tentunya akan menjadi rekomended banget bagi kalian yang memang ingin mencoba tentang rasa dari makanan khas Betawi.

Beberapa Menu Pilihan Cita Rasa Makanan Tradisional Betawi

  1. Kerak Telor

    Kerak Telor

    Kerak Telor

Kuliner kerak telor sebenarnya mirip martabak, namun isi kerak telur berbeda denga makanan jenis martabak, selain itu kerak telur dicetak di atas sebuah tungku dan pada umumnya setelah matang makanan ini akan di beri abon, dan bawang goreng, sehingga di dalam1 porsinya memiliki rasa gurih, asin, manis, dan yang pastinya sangat lezat.

  1. Semur Jengkol

    Semur Jengkol

    Semur Jengkol

Olah semur jengkol dan memiliki rasa gurih, pedas, dan pokok nya muantep banget dech. Makanan semur jengkol ini akan terasa lebih nikmati jika anda santap bersama dengan nasi hangat dan juga lauk.

  1. Asinan Betawi

    Asinan Betawi

    Asinan Betawi

Asinan betawi ini cukup berbeda dengan asinan yang lainnya karena asinan betawi ini terdiri dari sayuran, kacang goreng, cabai, bumbu kacang, cuka, krupuk, yang kemudian bisa menciptakan 1 asinan betawi yang terasa sangat segar, manis, dan tentunya bisa membuat siang anda menjadi lebih menyenangkan.

  1. Kue Cucur

    Kue Cucur

    Kue Cucur

Kue ini menjadi jenis makanan pencuci mulut bagi masyarakat betawi, yang memang sudah bisa kita temukan dimanapun kita berada, yang dijual di pasaran dengan rasa manis, gurih, dan pastinya pas banget jika dijadikan sebagai camilan pada saat pagi, siang, atau malam hari.

  1. Kue Talam

    Kue Talam

    Kue Talam

Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan di campur gula merah, dan dikukus di dalam sebuah cetakan berukuran kecil-kecil, yang memiliki rasa gurih dari santannya, manis gulanya tidak terlalu, dan tepung berasnya terasa lezat.

  1. Roti Buaya

    Roti Buaya

    Roti Buaya

Roti buaya ini wajib ada pada saat acara pernikahan, lamaran, dan berbagai acara besar yang ada di adat betawi. Rasa roti buayanya enak yang memang bentuknya mirip dengan hewan buaya.

  1. Soto Betawi

    Soto Betawi

    Soto Betawi

Soto betawi memiliki rasa yang begitu lezat karena soto ini terdiri dari daging sapi, tomat, kentang lengkap dengan kuah yang diberi santan sehingga rasanya asin, manis, gurih, dan akan jauh lebih lezat apabila anda menyantapnya bersama dengan nasi putih hangat.

  1. Nasi Uduk

    Nasi Uduk

    Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan olahan nasi yang dilengkapi bumbu yaitu garam, santan, daun salam, daun serai, serta daun jeruk, sehingga rasanya lezat dan gurih, yang akan lebih nimat jika dihidangkan bersama telor dadar yang telah iris kecil-kecil atau bisa dengan ayam goreng,  semur jengkol, kentang balado, daging empal goreng, serta sambal kacang.

  1. Gado – Gado

    Gado – Gado

    Gado – Gado

Gado – gado ini jenis makanan yang terdiri dari sayuran yang dihidangkan bersama lontong atau ketupat kmeudian ditaburi bawang goreng dan dilumuri saus kacang dengan sebuah cita rasa yang sangat mumpuni.

  1. Dodol Betawi

    Dodol Betawi

    Dodol Betawi

Rasa dari dodol Betawi hanya terbagi dalam 3 rasa yaitu ketan putih, ketan hitam dan durian. Dodol Betawi ini akan sangat lezat dinikmati jika dihidangkan bersama teman minum teh pada saat siang atau pun sore hari.

  1. Putu Mayang

    Putu Mayang

    Putu Mayang

Putu Mayang ini merupakan kue yang berbahan dasar tepung kanji / tepung beras dicampur santan kelapa dan gula merah. Adapun untuk cara mengkonsumsi kue ini pada umumnya yaitu dengan cara menyiram gula merah bersama santan atau bisa dengan memberi taburan kelapa pada gula putu mayang yang nantinya akan anda santap.

  1. Kue Rangi

    Kue Rangi

    Kue Rangi

Kue rangi terbuat dari tepung beras putih yang sudah ditumbuk halus. Kemudian adonan tepung berasnya dipanggang di atas sebuah cetakan yang berbentuk setengah lingkaran pada sebuah api kecil. Jika sudah matang, kuenya diangkat dan kemudian disajikan bersama lelehan air gula merah.

  1. Kue Cente Manis

    Kue Cente Manis

    Kue Cente Manis

Kue nyadi kukus yang terbuat dari tepung hunkwe, santan, gula, dan bulir cente manis / sagu mutiara yang sudah matang. Kemudian bahan tersebut semuanya dibungkus ke dalam sebuah bungkus plastik kemudian dikukus.

  1. Getuk Lindri

    Getuk Lindri

    Getuk Lindri

Jenis makanan dari singkong yang sudah diparut halus, kemudian dicampur gula dan dikukus, dan setelah matang bisa dihidangkan bersama parutan kelapa yang sudah dikukus dan sudah diberi garam.

  1. Roti Gambang

    Roti Gambang

    Roti Gambang

Sejenis kue bolu, namun roti gambang ini tak menggunakan gula putih yaitu menggunakan gula merah sebagai bahan pemanis makanannya. Sehingga warna kuenya coklat seperti wana gula merah.

  1. Bir Pletok

    Bir Pletok

    Bir Pletok

Merupakan minuman yang sudah diaduk bersama es di dalam sebuah bambu hingga suaranya berisik karena berbunyi pletok pletok. Rasanya manis dan sedikit pedas, rasanya memang mirip bir. Sehingga diberi nama bir pletok.

  1. Es Doger

    Es Doger

    Es Doger

Es doger ini terdiri dari berbagai macam isi di dalamnya, diantaranta yaitu es, mutiara, ketan hitam, tape, dan roti yang tentunya rasanya sangat menyegarkan.

  1. Kue Pancong

    Kue Pancong

    Kue Pancong

Mirip dengan kue rangi. Karena bentuk dan beberapa bahan pembuatannya juga sama. Adapun yang membedakannya, jika kue rangi dikonsumsi bersama dengan saus gula merah cair yang sudah disiramkan di atas kue raginya, sedangkan untuk kue pancong dikonsumsi ersama dengan taburan gula pasir.

  1. Kue Lupis

    Kue Lupis

    Kue Lupis

Dihidangkan dalam bentuk segitiga, kemudian untuk memasak kuenya dengan cara menaruh bahannya di dalam bambu yang dimasak dengan dibungkus daun pisang.

  1. Wajik

    Wajik

    Wajik

Wajik merupakan makana khas betawi yang terbuat dari ketan yang akan ada saat ada ada acara penting seperti saat ada perayaan hari Raya, pada saat seserahan saat acara lamaran Pernikahan adat Betawi.

  1. Sagon

    Sagon

    Sagon

Terbuat dari bahan dasar kelapa yang sudah diparut, tepung ketan  dan gula yang sudah dipanggang. Sagon merupakan jenis kue yang menjadi bukti bahwa sudah terjadinya suatu urbanisasi ke kota Jakarta dari sejak zaman dahulu.

  1. Nasi Ulam

    Nasi Ulam

    Nasi Ulam

Nasi ulam ini pada umumnya menggunakan sebuah nasi pera yang kemudian disiram bersama dengan semur kentang/semur telor/semur tahur. Nasi ulam ini juga bisa ditambah dengan lauk cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar yang sudah iris, dan perkedel kentang., yang akan lebih nikmat jika ditambah daun kemangi, sambal, bawang goreng, dan taburan kacang tanah yang sudah tumbuk.

  1. Lontong Sayur/Ketupat Sayur

    Lontong Sayur Atau Ketupat Sayur

    Lontong Sayur Atau Ketupat Sayur

Merupakan menu makanan yang cocok jika dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Ketupat sayur ini jenis makanan yang terbuat dari  irisan ketupat atau lontong bersama kuah santan gurih. Adapun untuk taburan ketupat sayurnya bisa berbentuk bawang goreng, kacang kedelai, atau  kerupuk / emping.

  1. Ketoprak

    Ketoprak

    Ketoprak

Ketoprak atau lontong ini digabungkan bersama dengan bihun, toge, dan tahu. Ketoprak Betawi ini rasa lezat karena disiram dan diaduk bersama  dengan sambal kacang, yang lebih lengkapnya ditaburi bersama kerupuk.

  1. Laksa Betawi

    Laksa Betawi

    Laksa Betawi

Laksa ini merupakan jenis makanan sepinggan berkuah yang berisi bihun, telur, perkedel, daun kemangi, dan daun kucai, yang memiliki rasa gurih dan manis.

  1. Pindang Bandeng

    Pindang Bandeng

    Pindang Bandeng

Mirip semur namun ada sebuah penambahan belimbing wuluh sehingga rasanya sangat lezat serta segar.

  1. Soto Tangkar

    Soto Tangkar

    Soto Tangkar

Soto tangkar yang diberi irisan daging sapi, pada saat ini ditambah pula dengan jeroan. Soto tangkar yang berkuah santan ini rasanya tidaklah terlalu ‘berat’.

Nah, itulah 27 menu makanan khas betawi yang wajib untuk kita rasakan kelzatnnya. Selqamat mencoba….

Pictures gallery of 27 Kelezatan Menu Makanan Tradisional Betawi Yang Patut Anda Coba

  • Wajik
  • Soto Tangkar
  • Soto Betawi
  • Semur Jengkol
  • Sagon
  • Roti Gambang
  • Roti Buaya
  • Putu Mayang
  • Pindang Bandeng
  • Nasi Ulam
  • Nasi Uduk
  • Lontong Sayur Atau Ketupat Sayur
  • Laksa Betawi
  • Kue Talam
  • Kue Rangi
  • Kue Pancong
  • Kue Lupis
  • Kue Cucur
  • Kue Cente Manis
  • Ketoprak
  • Kerak Telor
  • Getuk Lindri
  • Gado – Gado
  • Es Doger
  • Dodol Betawi
  • Bir Pletok
  • Asinan Betawi
27 Kelezatan Menu Makanan Tradisional Betawi Yang Patut Anda Coba | budaya | 4.5