Kemewahan Baju Adat Aceh Perempuan Dan Laki Laki DI Negara Indonesia

Thursday, January 10th, 2019 - Baju Adat

Baju Adat Aceh Perempuan – Nangroe Aceh Darussalam ( NAD ) merupakan provinsi paling ujung yang ada di pulau sumatera, yang memiliki julukan serambi mekah. Kenapa dijuluki dengan nama tersebut? Karena di daerah aceh banyak kebudayaan yang dipengaruhi oleh budaya agama islam dari bangsa jazirah arab. Adapun contoh kebudayaan yang telah dipengaruhi oleh agama islam yaitu baju adat aceh. Baju adat aceh baik untuk kalangan kaum perempuan maupun kaum pria merupakan jenis pakaian dari hasil pencampuran antara budaya islam dengan melayu, sehingga baju adat aceh ini memiliki model yang terlihat cukup unik.

Baju Adat Aceh Untuk Pengantin Pria Dan Wanita

Baju Adat Aceh Untuk Pengantin Pria Dan Wanita

Baju adat biasanya akan dikenakan pada acara – acara tertentu saja, contohnya seperti acara peringatan kemerdekaan atau  acara pernikahan khususnya. Berikut ini akan kami jelaskan tentang masing – masing model baju adat aceh pria dan juga wanita.

Beberapa Model Baju Adat Aceh Pengantin Laki Laki Dan Perempuan

  1. Baju Adat Aceh Pengantin Laki Laki Linto Baro

    Baju Adat Aceh Pengantin Laki Laki

    Baju Adat Aceh Pengantin Laki Laki

Adalah sebutan untuk baju adat aceh bagi kaum pria. Baju adat ini pada zaman dahulu sering sekali digunakan untuk sebuah upacara adat atau untuk upacara kepemerintahan. Baju adat aceh kaum pria ini seperti yang ada pada umumnya yaitu terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah :

Baju Meukeusah – Model baju atasan yang diberi julukan baju “Meukasah” yang mana baju atasan ini dibuat dari bahan kain sutera yang pada umumnya ber warna hitam. Warna hitam untuk warga aceh dipercaya sebagai sebuah lambang kebesaran. Baju atasan untuk kaum pria ini juga bisa kita temukan beberapa sulaman emas yang sudah didesign mirip dengan kancing layaknya seperti yang ada pada baju china.

Baju Meukeusah

Baju Meukeusah

Celana Panjang (Sileuweu) –  Celana ini memiliki warna hitam yang terbuat dari bahan kaun katun, yang dalam pemakaiannya dilengkapi pula dengan kaian sarung yang bernama ijo krong yang terbuat dari jenis kain songket yang berbahan kain sutera yang biasanya akan diikatkan pada bagian pinggang dengan panjang sarungnya hanyalah sebatas lutut.

Tutup Kepala  (Meukeutop) –Tutup kepala ini dilengkapi pula dengan lilitan Tangkulok. Lilitan tangkulok ini adalah sebuah lilitan dari tenunan sutra dengan berhiaskan dengan bintang persegi 8 yang terbuat dari bahan emas atau kuningan.

Meukeutop

Meukeutop

Senjata Tradisional (Rencong) – Pada umumnya senjata ini akan diletakkan pada lipatan sarung di bagian pinggang dengan posisi gagang / kepala senjatanya menonjol keluar.

Rencong

Rencong

  1. Baju Adat Aceh Pengantin Perempuan Daro Baro

    Baju Adat Aceh Pengantin Perempuan

    Baju Adat Aceh Pengantin Perempuan

Baju adat aceh pengantin wanita pada umumnya disebut dengan sebutan Daro Baro. Model  dari baju adat ini pada umumnya memiliki warna pakaian yang jauh lebih cerah dari baju adat pria. Warna baju adat wanita pada umumnya yaitu merah, hijau, kuning, dan ungu, dan berikut ini beberapa bagian dari baju adat aceh untuk pengantin wanita.

Baju Kurung –Baju kurung ini memiliki potongan yaitu lengan panjang. Baju kurung didesign memiliki motif sulaman yang terbuat dari benang emas slayaknya eperti baju China. Baju adat aceh pengantin wanita ini memiliki tampilan yang gombrong dengan panjang baju sampai pinggul. Baju adat aceh wanita ini perpaduan antara model baju thionghoa, melayu dan juga arab.

Celana Cekak Musang – Pada umumnya untuk modelpakaian bawahan adat aceh pria dan wanita memiliki model yang sama, yaitu sama – sama memiliki potongan panjang dengan adanya lilitan sarung sepanjang selutut.

Penutup Kepala Serta Perhiasan – Pada baju adat aceh pengantin wanita, pada bagian kepala wanitanya akan dihiasi dengan kerudung atau jilbab dengan adanya hiasan tahta bunga segar yang mana untuk penutup kepala yang dilengkapi dengan hiasannya ini  disebut dengan patham dhoi. Perhiasan yang dikenakan pengantin wanita ini juga terdapat pada bagian – bagian tubuh yang lainnya contohnya seperti kalung, gelang, anting, sanggul dan lainya.

Penutup Kepala Serta Perhiasan

Penutup Kepala Serta Perhiasan

Ok, itulah penjelasan dari kami tentang baju adat aceh perempuan dan laki laki berseta dengan penjelasan dan gambarnya. Terlihat sangat cantik ya kawan. Akankah pernikahan kalian nanti tertarik menggunakan model baju adat ini? Selamat mencobanya.

Baju Adat Aceh Perempuan

Pakaian Adat Aceh Perempuan

Pakaian Adat Aceh Perempuan

Baju Adat Aceh Anak Perempuan

Baju Adat Aceh Anak Perempuan

Baju Adat Aceh Pengantin Laki Laki Dan Perempuan

Baju Adat Aceh Pengantin Laki Laki Dan Perempuan

Baju Adat Aceh Untuk Anak Perempuan

Baju Adat Aceh Untuk Anak Perempuan

Baju Adat Aceh Untuk Perempuan

Baju Adat Aceh Untuk Perempuan

Cara Pakai Baju Adat Aceh Anak Perempuan

Cara Pakai Baju Adat Aceh Anak Perempuan

Gambar Baju Adat Aceh Perempuan

Gambar Baju Adat Aceh Perempuan

Kemewahan Baju Adat Aceh Pengantin Perempuan

Kemewahan Baju Adat Aceh Pengantin Perempuan

Pakaian Adat Aceh Anak Perempuan

Pakaian Adat Aceh Anak Perempuan

tag:

baju pernikahan adat aceh

Pictures gallery of Kemewahan Baju Adat Aceh Perempuan Dan Laki Laki DI Negara Indonesia

  • Rencong
  • Penutup Kepala Serta Perhiasan
  • Pakaian Adat Aceh Perempuan
  • Pakaian Adat Aceh Anak Perempuan
  • Meukeutop
  • Kemewahan Baju Adat Aceh Pengantin Perempuan
  • Gambar Baju Adat Aceh Perempuan
  • Cara Pakai Baju Adat Aceh Anak Perempuan
  • Baju Meukeusah
  • Baju Adat Aceh Untuk Perempuan
  • Baju Adat Aceh Untuk Pengantin Pria Dan Wanita
  • Baju Adat Aceh Untuk Anak Perempuan
  • Baju Adat Aceh Pengantin Perempuan
  • Baju Adat Aceh Pengantin Laki Laki
  • Baju Adat Aceh Pengantin Laki Laki Dan Perempuan
  • Baju Adat Aceh Anak Perempuan
Kemewahan Baju Adat Aceh Perempuan Dan Laki Laki DI Negara Indonesia | budaya | 4.5