30 Jenis Alat Musik Beserta Daerahnya Yang Ada Di Indonesia

Sunday, January 6th, 2019 - Alat Musik

Alat Musik Beserta Daerahnya – Seperti yang telah kita ketahui, bahwa jumlah alat musik tradisional yang ada di indonesia memang sangat banyak, sehingga dapat kita ambil kesimpulan bahwasa negara indonesia kita ini memang sangat kaya akan kebudayaan. Tidak hanya sekedar alat musik saja tentunya, di masing-masing daerah umumnya juga memiliki dagu daerah, rumah adat, seni tari hingga pakaian adat sebagai ciri khas dari daerah itu.

Jenis Alat Musik Di Indonesia

Jenis Alat Musik Di Indonesia

Sebagai generasi muda yang akan mempertahankan kebudayan yang telah ada, maka kita wajib untuk melestarikan kebudayaan yang ada di negara indonesia kita ini, salah satunya yaitu alat musik yang diketahui beserta dengan asal daeahnya. jangankan hanya bisa memainkannya, namun nama dan asal darahnya juga harus kita ketahui.

Jenis Alat Musik Tradisional Beserta Daerahnya Yang Ada Indonesia

  • Alat Musik Tradisional Serune Kalee – Daerah Aceh

    1 Alat Musik Tradisional Serune Kalee

     Alat Musik Tradisional Serune Kalee

Cara memainkan alat musik ini sangatlah mudah karena kita cukup meniupnya maka alat ini sudah menghasilkan berbagai bunyi dengan cara kerjanya yang mirip dengan seruling.

  • Alat Musik Tradisional  Angklung – Daerah

    2 Alat Musik Tradisional  Angklung

     Alat Musik Tradisional  Angklung

Bahan utama pembuatan alat musik ini yaitu dari bambu yang tentunnya disesuaikan dengan ukuran tertentu. Sedangkan untuk cara memainkannya yaitu dengan cara menggoyangkannya, maka alat ini nantinya akan menghasilkan berbagai macam bunyi karena adanya getaran dan juga benturan dari bambu tersebut.

  • Alat Musik Tradisional Saluang – Daerah Sumatera Barat

    3 Alat Musik Tradisional Saluang

     Alat Musik Tradisional Saluang

Salah satu jenis alat tradisional musik tiup yang bahan utama pembuatannya berasal dari bambu yang mengeluarkan bunyi jenis aerophone. Alat musik ini seperti seruling yang memiliki bentuk sederhana dengan hanya memiliki 4 lubang pada di bagian tengahnya, yang lubang itu berguna untuk pengaturan nada yang akan keluar dari alat musik ini..

  • Alat Musik Tradisional Aramba – Daerah Sumatera Utara

    4 Alat Musik Tradisional Aramba

     Alat Musik Tradisional Aramba

Bahan pembuatan alat musik aramba diantaranya yaitu tembaga logam atau Kuningan. Masyarakat Sumatera Utara pada umumnya akan memainkan alat musik ini pada saat momen-momen tertentu seperti acara pernikahan atau acara adat yang lainnya. sedangkan untuk cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara memukulnya yang berbentuk bulat dan terdapat tonjolan bulat kecil pada bagian tengahnya,  yang akan ditempatkan menggantung dan memakai seutas tali di sebuah palang horizontal.

  • Alat Musik Tradisional Gambus – Daerah Riau

    5 Alat Musik Tradisional Gambus

     Alat Musik Tradisional Gambus

Jenis alat musik petik yang akan menghasilkan berbagai bunyi khususnya jenis bunyi kordofon yang mirip dengan gitar karena dimainkan pula dengan cara mengetiknya dengan menggunakan jari.

  • Alat Musik Tradisional Calung – Daerah Jawa

    6 Alat Musik Tradisional Calung

     Alat Musik Tradisional Calung

Alat musik ini persis dengan angklung yang akan menghasilkan suatu bunyi hanya dengan memukul alat musik ini pada bagian bambunya.

  • Alat Musik Tradisional Kolintang – Daerah Minahasa Sulawesi Utara

    7 Alat Musik Tradisional Kolintang

     Alat Musik Tradisional Kolintang

Sekilas kolintang ini hampir sama dengan alat musik belira.  Alat musik ini terbagi atas bilah yang panjangnya berbagai ukuran yang kemudian disanggah dengana menggunakan bambu sehingga dapat mengeluarkan sebuah suara yang enak untuk didengar.

  • Alat Musik Tradisional Gendang – Daerah Jawa

    8 Alat Musik Tradisional Gendang

     Alat Musik Tradisional Gendang

Cara memaikan alat musik ini yaitu dengan memukulnya menggunakan telapak tangan. Yang sering digunakan untuk mengiringi muslik dangdut. Gendang ini memiliki bentuk panjang dan pendek.

  • Alat Musik Tradisional Bonang – Daerah Jawa

    9 Alat Musik Tradisional Bonang

     Alat Musik Tradisional Bonang

Alat musik ini terdapat di antara komponen alat musik gamelan,  yang mirip dengan alat musik bende, namun ukuran bentuknya lebh besar. Bonang biasanya akan dipakai sebagai alat pengiring pagelaran pertunjukan wayang.

  • Alat Musik Tradisional SaronDaerah

    10 Alat Musik Tradisional Saron

     Alat Musik Tradisional Saron

Bahan utama untuk pembuatan alat musik ini yaitu kayu dengan kombinasi seng dan aluminium. Sedangkan bentuk yaitu lempengan yang tersusun. Cara memainkannya cukup dengan memukulnya dengan menggunakan palu kayu.

  • Alat Musik Tradisional Kethuk Dan Kempul – Daerah Jawa Tengah

    11 Alat Musik Tradisional Kethuk Dan Kempul

     Alat Musik Tradisional Kethuk Dan Kempul

Memiliki sebuah kesamaan dengan jenis Bonang namun yang membedakannya yaitu terletak pada bagian suara nada-nada yang akan dihasilkan.

  • Alat Musik Tradisional Sasando – Daerah Sulawesi

    12 Alat Musik Tradisional Sasando

     Alat Musik Tradisional Sasando

Ciri khas alat musiki Sasando yaitu memiliki warna putih dan terdapat kayu yang memiliki fungsi sebagai penyangga dawai dawai. Sedangkan untuk cara memainkan yaitu cukup dengan memetik nya.

  • Alat Musik Tradisional Serunai – Daerah Nusa Tenggara Barat

    13 Alat Musik Tradisional Serunai

     Alat Musik Tradisional Serunai

Serunai termasuk jenis alat musik tiup yang digunakan untuk mengiringi pertunjukan kesenian. Alat musik ini memiliki bentuk lekukan dan motif yang khas yang bisa memberikan warna dan nilai seni yang Tersendiri.

  • Alat Musik Tradisional Bende – Daerah Lampung

    14 Alat Musik Tradisional Bende

     Alat Musik Tradisional Bende

Alat musik bende hampir mirip dengan alat musik jenis aramba, yang membedakan yaitu terletak pada ukurannya dan warna yang dipakai. Cara untuk memainkan alat musik ini yaitu dengan cara memukulnya dengan alat pemukul khusus.

  • Alat Musik Tradisional Tehyan _ Daerah DKI Jakarta

    15 Alat Musik Tradisional Tehyan

     Alat Musik Tradisional Tehyan

Dawai-dawai yang ada pada Alat musik ini begitu rapi tersusun-susun. Alat musik ini hampir sama dengan alat musik biola, namun tehyan memiliki dawai yang lebih sederhana. Sedangkan untuk cara memaikannya yaitu dengan menggesekan antara dawai-dawainya yang ada.

  • Alat Musik Tradisional Doll – Daerah Bengkulu

    16 Alat Musik Tradisional Doll

     Alat Musik Tradisional Doll

Memiliki bentuk bulat semacam genderang yang siap untuk dipukul, dengan alat pemukul yang berbagan karet agar bisa menghasilkan suara yang merdu. Pada bagian sisi pinggirnya terdapat bentuk hiasan yang berfungsi untuk bisa memperindah tampilan.

  • Alat Musik Tradisional Gong – Daerah Jawa Tengah

    17 Alat Musik Tradisional Gong

     Alat Musik Tradisional Gong

Gong berbentuk bulat yang berukuran besar dan pada bagian tengahnya ada tonjolan. Biasanya pada acara-acara peresmian sering kita menjumpai ada orang yang memukul gong.

  • Alat Musik Tradisional Ceng Ceng – DaerahBali

    18 Alat Musik Tradisional Ceng Ceng

     Alat Musik Tradisional Ceng Ceng

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara menempatkan gengceng pada kedua sisi telapak tangan, kemudian cengceng dibenturkan satu dengan yang lainnya sehingga bisa mengeluarkan sebuah suara nada Ideofon.

  • Alat Musik Tradisional Slenthem – Daerah Jawa Tengah

    19 Alat Musik Tradisional Slenthem

     Alat Musik Tradisional Slenthem

Cara memaikannya dengan cara di pukul. Alat musik ini dibuat dari kombinasi kuningan dengan seng yang berwarna keemasan.

  • Alat Musik Tradisional Bedug – Daerah

    20 Alat Musik Tradisional Bedug

     Alat Musik Tradisional Bedug

Alat musik dibuat dari bahan kayu yang berukuran besar kemudian tepat pada tengah kayunya berbentung tabung, yang kemudian ditutupi dengan menggunakan kulit hewan yang sudah kering. Seperti kulit kerbau, sapi, banteng dan sebagainya.

  • Alat Musik Tradisional Tuma – Daerah Kalimantan Barat

    21 Alat Musik Tradisional Tuma

     Alat Musik Tradisional Tuma

Alat musik ini mirip dengan gendang. Namun jika gendang memiliki dua sisi tabung, sedangkan Tuma hanya memiliki satu sisi saja.

  • Alat Musik Tradisional Ganda – Daerah Sulawesi Tengah

    22 Alat Musik Tradisional Ganda

     Alat Musik Tradisional Ganda

peletakan ganda ini dilakukan dengan secara berjejeran dan berdasarkan dengan ukuran. Hal ini bertujuan agar Ganda dapat menghasilkan berbagai macam bunyi yang merdu dan enak untuk didengar

  • Alat Musik Tradisional Kecapi – Daerah Jawa Barat

    23 Alat Musik Tradisional Kecapi

     Alat Musik Tradisional Kecapi

Kecapi merupakan jenis alat musik petik yang akan menghasilkan berbagai suara yang unik dan khas. Jenis alat musik ini sangat populer  karena sering digunakan pada sebuah pergelaran.

  • Alat Musik Tradisional Panting – Daerah Kalimantan

    24 Alat Musik Tradisional Panting

     Alat Musik Tradisional Panting

Jenis alat musik ini layaknya seperti gitar yang cara memainkannya dengan cara dipetik yang tentunya tidak kalah merdu dengan jenis alat musik petik yang lainnya.

  • Alat Musik Tradisional Sampe –Daerah Kalimantan Timur

    25 Alat Musik Tradisional Sampe

     Alat Musik Tradisional Sampe

Alat musik ini memiliki tampilan yang begitu artistik. Karena memiliki warna putih bersih dan terdapat pula hiasan atau ukiran pada bagian bidangnyat. Sampe ini juga merupakan jenis alat musik petik.

  • Alat Musik Tradisional Japen – Daerah Kalimantan Selatan

    26 Alat Musik Tradisional Japen

     Alat Musik Tradisional Japen

Alat musik petik yang ada dawai-dawai berada di bagian tengah, yang memiliki bentuk yang sama seperti gitar, namun ukurannya lebih ramping dan kecil. Kemudian terdapat pula motif ukuran dan cat warna yang menarik.

  • Alat Musik Tradisional Keso Keso – Sulawesi Selatan

    27 Alat Musik Tradisional Keso Keso

    Alat Musik Tradisional Keso Keso

Alat musik ini meirip dengan alat musik jenis Rebab., yang cara memainkan dengan  menggeseknya menggunakan alat tersendiri sehingga akan menghasilkan suara yang untuk enak didengar.

  • Alat Musik Tradisional Tifa – Daerah Papua

    28 Alat Musik Tradisional Tifa

     Alat Musik Tradisional Tifa

Alat musik ini hampir mirip dengan gendang, yang membedakannya terletak pada bentuknya yang lebih kecil serta ukurannya panjang. Adapun cara memainkannya dengan memukulnya menggunakan tangan.

  • Alat Musik Tradisional Ladolado – Daerah Sulawesi Tenggara

    29 Alat Musik Tradisional Ladolado

     Alat Musik Tradisional Ladolado

Dimainkan dengan cara memukulnya menggunakan alat pemukul tersendiri., yang akan digunakan saat  diadakan acara-acara adat dan pentas kesenian.

Nah, itulah ulasan tentang jenis alat musik tradisional dari berbagai daerah yang ada di negara  indonesia tercinta kita ini. Semoga bermanfaat, sampai jumpa kembali.

Pictures gallery of 30 Jenis Alat Musik Beserta Daerahnya Yang Ada Di Indonesia

  • Jenis Alat Musik Di Indonesia
  • 29 Alat Musik Tradisional Ladolado
  • 28 Alat Musik Tradisional Tifa
  • 27 Alat Musik Tradisional Keso Keso
  • 26 Alat Musik Tradisional Japen
  • 25 Alat Musik Tradisional Sampe
  • 24 Alat Musik Tradisional Panting
  • 23 Alat Musik Tradisional Kecapi
  • 22 Alat Musik Tradisional Ganda
  • 21 Alat Musik Tradisional Tuma
  • 20 Alat Musik Tradisional Bedug
  • 19 Alat Musik Tradisional Slenthem
  • 18 Alat Musik Tradisional Ceng Ceng
  • 17 Alat Musik Tradisional Gong
  • 16 Alat Musik Tradisional Doll
  • 15 Alat Musik Tradisional Tehyan
  • 14 Alat Musik Tradisional Bende
  • 13 Alat Musik Tradisional Serunai
  • 12 Alat Musik Tradisional Sasando
  • 11 Alat Musik Tradisional Kethuk Dan Kempul
  • 10 Alat Musik Tradisional Saron
  • 9 Alat Musik Tradisional Bonang
  • 8 Alat Musik Tradisional Gendang
  • 7 Alat Musik Tradisional Kolintang
  • 6 Alat Musik Tradisional Calung
  • 5 Alat Musik Tradisional Gambus
  • 4 Alat Musik Tradisional Aramba
  • 3 Alat Musik Tradisional Saluang
  • 2 Alat Musik Tradisional  Angklung
  • 1 Alat Musik Tradisional Serune Kalee
30 Jenis Alat Musik Beserta Daerahnya Yang Ada Di Indonesia | budaya | 4.5