Mengenal Adat Toraja Potong Kerbau Di Indonesia

Thursday, July 18th, 2019 - Adat Istiadat

Adat Toraja Potong Kerbau – Keseharian dari masyarakat Tana Toraja, Sulawesi Selatan, memang tak akan bisa dipisahkan dengan yang namanya hewan ternak kerbau. Ini tentunya berlangsung sampai sekarang. Bahkan, jauh sebelum uang dijadikan sebagai alat penukaran transaksi modern, jenis hewan yang bertanduk ini memang sudah sangat kerap sekali ditukar dengan benda benda yang lainnya. Selain hewan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi, hewan yang bertubuh tambun ini pun juga melambangkan tentang kesejahteraan sekaligus juga menandakan tingkat kekayaan serta status sosial dari si pemiliknya di mata masyarakat.

Suku Adat Tanah Toraja

Suku Adat Tanah Toraja

Cara Potong Kerbau Adat Toraja

Cara Potong Kerbau Adat Toraja

Hewan kerbau di Tana Toraja ini memiliki ciri fisik yang khas dibandingkan dengan daerah yang lainnya, terutama lagi pada warna kulit kerbaunya yang berwarna belang menyerupai seperti sapi. Orang Toraja sendiri biasanya menyebut jenis kerbau seperti ini dengan sebutan Tedong Bonga. Ini karena warna kulitnya yang aneh, sehingga kerbau belang ini memiliki arti yang penting dalam setiap acara ritual pesta kematian atau pun Rambu Solo`. Hewan kerbau ini akan diperlakukan dengan secara khusus, dari semenjak masih kecil pun sudah dikebiri oleh para pemiliknya sehingga hewan ini dianggap suci sebagai jenis hewan kurban pada saat upacara Rambu Solo` atau upacara adat potong kerbau.

Adat Toraja Memotong Kerbau

Adat Toraja Memotong Kerbau

Tradisi Potong Kerbau Tana Toraja

Tradisi Potong Kerbau Tana Toraja

Tak salah apabila harga jual dari hewan kerbau setengah albino ini menjadi sangat mahal. Harga untuk seekor hewan yang masuk dalam golongan kerbau lumpur atau Bubalus bubalis kira-kira seharga Rp 50 juta sampau Rp 80 juta. Ini tentunya jumlah yang cukup besar. Selain jenis kerbau belang, hewan kerbau biasa juga akan dikurbankan dalam ritual adat pemotongan kerbau atau disebut dengan Rambu Solo`.

Adat Potong Kerbau Di Toraja

Adat Potong Kerbau Di Toraja

Adat Istiadat Suku Tana Toraja

Adat Istiadat Suku Tana Toraja

Ternyata di tana toraja tidak hanya terkenal dengan tradisi potong kerbau saja, ada pula tradisi adu kerbau atau disebut dengan Mapasilaga Tedong, yang merupakan rangkaian panjang dari sebuah prosesi pesta kematian dari kaum bangsawan Tana Toraja. Sebuah kematian ini memang tak harus diwujudkan dalam bentuk kesedihan yang mendalam saja. Namun, sebuah kematian ini bisa dimaknai pula sebagai sebuah kegembiraan oleh keluarga maupun oleh setiap warga desa sebelum sang almarhum menuju alam kekal nantinya. Selain menjadi bagian dari prosesi sebuah pesta kematian, adu kerbau ini pun juga sebagai salah satu media hiburan bagi masyarakat desa. Bahkan tak sedikit yang menggunakan sebuah kesempatan ini sebagai ajang perjudian pula.

Acara Adat Toraja Potong Kerbau

Acara Adat Toraja Potong Kerbau

Tradisi Adat Toraja Potong Kerbau

Tradisi Adat Toraja Potong Kerbau

Upacara Adat Toraja Potong Kerbau

Upacara Adat Toraja Potong Kerbau

Adat istiadat yang dimiliki di setiap daerah yang ada di indonesia ini memang sangat banyak sekali, yang tentunya masih banyak masyarakat setempat yang melestarikannya, sebagai salah satu warisan budaya dari nenek moyang mereka. Ok, itulah tadi sedikit pengenalan dari kami sebutar adat yang dimiliki oleh masyarakat tana toraja, khususnya Adat Toraja Potong Kerbau. Semoga bermanfaat.

Pictures gallery of Mengenal Adat Toraja Potong Kerbau Di Indonesia

  • Upacara Adat Toraja Potong Kerbau
  • Tradisi Adat Toraja Potong Kerbau
  • Suku Adat Tanah Toraja
  • Adat Istiadat Suku Tana Toraja
  • Tradisi Potong Kerbau Tana Toraja
  • Cara Potong Kerbau Adat Toraja
  • Adat Toraja Memotong Kerbau
  • Adat Potong Kerbau Di Toraja
  • Acara Adat Toraja Potong Kerbau
Mengenal Adat Toraja Potong Kerbau Di Indonesia | budaya | 4.5